Kamis, 22 Maret 2012

N E R A K A


Masih diambil dari tulisan Ustadz Aunur Rofiq, berikut kami posting pembahasan tentang Neraka. Siapa saja yang akan masuk neraka sementara?, Siapa yang akan kekal didalamya? Dan apa saja macam siksaan yang ada disana.
Yang jelas siksaan di neraka tidak sama dengan siksaan di dunia, tidak bisa dibayangkan betapa pedihnya. Sebagai gambaran Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam pernah mengabarkan bahwa seringan – ringannya siksa di neraka yaitu apabila penghuni neraka memakai sandal neraka, maka otaknya akan mendidih karena panasnya.
Mudah – mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjauhkan kita dari pedihnya siksa neraka.

Makna Neraka
Neraka atau An-Naaru maksudnya panas yang murni atau bara api dan disebut pula api jahannam, sebagaimana tercantum dalam surat Al-Hajj:72 (lihat Mu'jam Al-Wasith 1/828, 2/962)
Neraka adalah kampung akhirat, tempat kembalinya orang kafir, musyrik dan munafik, yang penuh dengan beraneka macam siksaan. Bara apinya dari manusia dan batu, penjaganya malaikat pemarah sebagaimana keterangan Qs. At-Tahrim:6.

Penghuni Neraka yang kekal
Penghuni neraka ada 2 macam, ada yang kekal selamanya dan ada yang sementara, disesuaikan dengan amal kejahatannya.
Adapun penghuni neraka yang kekal selamanya adalah :
  1. Orang yang mati dalam keadaan kufur
Kufur yang dimaksudkan disini yakni orang non muslim seperti Yahudi, Nasrani dan lainnya, atau mengkufuri sebagian ayat Al-Qur'an atau sunnah yang shahihah tanpa ada sebab.
Adapun dalil yang menjaelaskan mereka masuk di neraka banyak sekali seperti yang tercantum didalam surat Ghafir: 10-13
  1. Mati dalam keadaan berbuat kemusyrikan
Melakukan kemusyrikan maksudnya syirik besar seperti menyembah berhala, berdoa, beristighatsah dan istianah kepada selain Allah yang itu haknya Allah.
Adapun dalilnya banyak sekali misal tercantum didalam surat Al-An'am:88 dan Al-Maidah:72.
“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya adalah neraka (Al-Maidah:72)
  1. Mendustakan hari kemudian
Maksudnya tidak beriaman adanya hidup setelah mati, tidak mempercayai hari pembalasan dan semisalnya (Lihat surat Al-Muddatstsir :42-46).
  1. Munafik yang mati tidak bertaubat
Maksudnya orang yang menyembunyikan kekufuran sekalipun lahirnya menampakkan amalan Islam, mereka itu kafir, kekal di neraka sebagaimana tercantum didalam surat At-Taubah : 63 dan An-Nisa;:145.
  1. Orang yang mati dalam keadaan takabbur
Sebagaimana tercantum didalam surat Al-A'raf : 36.
Adapun makna takabbur ialah orang kafir yang menolak kebenaran dan menghinanya.
“ Dari Abdullah bin Mas'ud Radhiallahu anhu, dari Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam beliau bersabda, “Tidak masuk surga orang yang ada didalam hatinya seberat biji sawi berupa kesombongan”. (HR. Muslim:91 dll)
Demikian juga orang mati yang dia mengamalkan amalan yang membatalkan iman atau islam
Penghuni neraka sementara
Adapun ciri orang yang masuk neraka yang tidak kekal adalah orang Islam yang meninggal dunia yang melakukan kemaksiatan, kezhaliman dan kefasikan, atau amalan yang tidak membatalkan keislaman mereka.
Diantara amalan yang dapat mengakibatkan pelakunya masuk neraka sebagai berikut :
  1. Tidak peduli berbuat jahat, berkhianat, bakhil, berdusta dan berakhlak yang hina.
Dari Iyadh bin Himar Al-Mujasyi'i Radhiallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Penduduk neraka ada lima: orang yang lemah yang tidak mau menolak hawa nafsunya, mereka bersamamu, tidak ada urusan keluarga dan harta, terkenal pengkhianat, perakus, tidaklah yang kecil melainkan ia mengkhianatinya, orang yang pagi dan sore selalu menipu kamu, keluargamu dan hartamu. “Dan beliau menjelaskan bakhil, dusta dan akhlak yang jelek, yang keji bicaranya. (HR. Muslim: 4/2197)
  1. Mengganggu tetangga
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah masuk surga bila tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya.” (HR. Muslim 1/68)
  1. Memfitnah
Hudzaifah Radhiallahu anhu berkata, Saya mendengar Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah masuk surga pemfitnah.” (HR. Muslim 1/101)
  1. Penyeru kebatilan
Orang yang menyeru kepada kebatilan, jika tidak bertaubat sebelum meninggal dunia, dia akan masuk neraka sebagaimana disebutkan didalam surat Al-Baqarah: 221)
  1. Membunuh orang lain atau dirinya sendiri
Sebagaimana disebutkan dalam An-Nisa': 93, juga hadits berikut :
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besinya ditangannya, dia menusukkan besi itu ke perutnya di neraka jahannam, kekal selamanya. (HR. Muslim 1/103)
  1. Memutus tali hubungan sesama Muslim
Dari Jubair bin Muth'im Radhiallahu anhu, dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “ Tidaklah masuk surga pemutus (kerabat muslim) (HR. Bukhari 5/2250, Muslim 4/1981)
  1. Durhaka kepada orang tua, pecandu khamr dan penyebut – nyebut pemberiannya
Ibnu Umar Radhiallahu anhu, berkata bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “ Tidaklah masuk surga pendurhaka kepada kedua orang tua, orang yang menyebut – nyebut pemberiannya dan pencandu khamr.” ( HR. Ibnu Hibban: 8/178)
  1. Wanita pembuka aurat
Maksudnya menampakkan keindahan badannya kepada yang bukan mahramnya.
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Ada dua kelompok termasuk penghuni neraka yang saya belum pernah melihatnya : Kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul orang dan wanita yang berpakaian tipis, terbuka auratnya, sempit sehingga terlihat auratnya, lenggak lenggok jalannya, sombong ingin dilihat, rambutnya seperti punuk unta yang tinggi, tidaklah mereka masuk surga dan tidaklah menjumpai baunya.”(HR. Muslim 3/1680)
  1. Ahli Bid'ah
Ahlu Bid'ah adalah orang yang membuat cara ibadah baru yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah.
Muawiyah Bin Abi Sufyan Radhiallahu anhu, berkata, “Ingatlah sesungguhnya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “... Akan berpecah pelah umatku menjadi 73 golongan, 72 di neraka dan satu di surga yaitu Al-Jamaah (HR. Abu Dawud : 204)
  1. Orang tertindas yang tidak mau hijrah
Sebagaimana disebutkan dalam surat An-nisa' : 97-98
  1. Hakim yang curang dan zhalim
Dari Abu Burdah Radhiallahu anhu, dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam beliau bersabda, Hakim itu ada tiga, satu di surga dan dua di neraka. Adapun yang di surga, orang yang tahu haq lalu dia menghukuminya dengannya, dan orang yang tahu haq tapi curang ketika menghukumi orang maka dia di neraka, dan orang bodoh menghukumi manusia maka dia di neraka.” (HR. Abu Dawud, Al-Irwa' : 6214)
  1. Makan harta haram
Misalnya hasil riba, memakan harta anak yatim, sebagaimana disebutkan dalam surat Ali Imran : 130 – 131 dan An-Nisa' : 29-30.
  1. Tukang gambar
Dari Aisyah Radhiallahuanha, Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Dan sesungguhnya orang yang membuat gambar, dia diadzab pada hari kiamat. Dia (Allah) berkata, “Hidupkan yang kamu ciptakan.” (HR. Bukhari 3/1178)
  1. Menganiaya binatang
Dari Ibnu Umar Radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Disiksa seorang wanita sebab seekor kucing yang dikurung, dia tidak memberi makan dan tidak memberi minum dan tidak melepaskannya untuk mencari makan rerangga. (HR. Bukhari 2/834, Muslim 4/1760)
  1. Melampaui batas dalam urusan dunia
Misalnya memakai bejana dari emas dan perak.
“Sesungguhnya Ummu Salamah Radhiallahu anha, isteri Nabi berkata, Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Orang yang minum dengan bejana dari perak, sesungguhnya bergejolak di perutnya api jahannam (HR. Bukhari 5/2133 dan Muslim 3/1634)
Dan masih ada dosa besar lainnya, sebagaimana yang ditulis Imam Adz-Dzahabi dan Al-Haitami.

Siksaan di Neraka
Sering kita jumpai dalam nash Al-Qur'an ketika disebut adzab selalu diperkuat dengan kalimat syadiid yang berarti sangat keras, atau kalimat aliim yang berarti sangat sakit, dan penguat lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa siksaan di akherat bukanlah seperti siksaan di dunia.
Ibnu Rajab berkata, “Ketahuilah sesungguhnya orang yang masuk di neraka siksaannya disesuaikan dengan kejahatan yang mereka kerjakan. Demikian juga orang Islam yang masuk di neraka disesuaikan dengan dosa yang dikerjakan. Tidaklah sama hukuman pelaku dosa besar dengan dosa kecil, bahkan kadangkala diringankan siksaannya karena amal kebaikannya.” (lihat At-Takhwif minan Nar: 142)
Rasulullah menjelaskan siksaan penghuni neraka yang palling ringan,
Dari Abu Sa'id Al-Khudri Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya ialah orang yang mengenakan sandal dari neraka lalu mendidih otaknya karena sangat mencekam panas dua sandalnya.” (HR. Muslim 1/195)
Diantara macam siksaan penduduk neraka :
  1. Bila kulit orang kafir sudah hangus maka diganti dengan kulit yang baru.
“Sesungguhnya orang – orang kafir kepada ayat – ayat kami, kaelak akan kami masukkan mereka dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. An-Nisa': 56)
  1. Kepala mereka disiram dengan air mendidihvyang merusak perut dan kulit.
“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian – pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedanga mendidih keatas kepala mereka. Denagan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” (QS. Al-Hajj; 19-20)
  1. Muka mereka dibakar dengan bara api
“Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.” (QS. Al-Mukminun; 104)
  1. Bara apinya sampai membakar hati
“(Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke hati (QS.Al-Humazah: 6-7)
  1. Memakai baju dari ter
“Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka. (QS. Ibrahim: 50)
  1. Mereka diseret ke neraka atas wajah mereka
“(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (dikatakan kepada mereka), “Rasakanlah sentuahn api neraka”. (QS. Al-Qamar: 48)
  1. Tangan mereka dibelenggu dan dirantai
“Ketika belenggu dan rantai dipasang dileher mereka, seraya mereka diseret kedalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api,” (QS. Ghafir: 71-72)
  1. Dicambuk dengan cambuk dari besi
“Dan untuk mereka cambuk – cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan kedalamnya. (Kepada mereka dikatakan) , “rasakanlah azab yang membakar ini” (QS. Al-Hajj;21)
  1. Minumannya seperti besi yang mendidih
“Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (QS.Al-Kahfi; 29)
  1. Diberi makan pohon zaqqum yang berduri yang menyumbat tenggorokan.
“Benar – benar akan memakan pohon zaqqum. (QS. Al-Waqi'ah: 52)
“ ... Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan aazab yang pedih. (QS. Al-Muzammil: 13).

Dan masih banyak lagi siksaan yang harus dirasakan oleh penghuni neraka.

Diambil dari majalah Al-Furqon Edisi 11 Tahun IV / Jumadil Awal 1426

Tidak ada komentar:

Posting Komentar