Rabu, 07 Maret 2012

Gagasan membentuk Koperasi

Assalamu'alaikum
Ada ide dari beberapa warga untuk membuat semacam usaha bersama di Perum kita ini dengan tujuan  mudah - mudahan bisa menjadi sarana komunikasi antar warga, bisa menjadi tempat untuk menampung aspirasi warga, dan syukur - syukur nanti bisa memberikan manfaat secara materi kepada anggotanya.
Kami dari BJINET Al-Hidayah menyambut baik ide ini, dan Insya Allah kami siap mengfasilitasinya.
karena basic dari semua kegiatan BJINET ini berawal dari Masjid, maka kami mencoba membuat konsep usaha yang sebisa mungkin tidak bertentangan dengan syariat. Kami mengusulkan untuk membentuk usaha semacam koperasi tapi mungkin tidak murni 100%, intinya nanti kita hanya bersama - sama mengumpulkan modal, kita berusaha bersama - sama, dan untungnya kita bagi bersama. mungkin kalau dalam Islam disebut dengan Musyarokah atau Syirkah.
sebagai langkah awal, kami akan mencoba mengajak seluruh user BJINET yang masih aktif untuk menjadi anggota dari koperasi ini.
Jadi umpama selama ini user BJINET membayar iuran bulanan internet Rp 50.000, kami coba tawarkan untuk 'melebihkan' iurannya, misal menjadi 60 atau 75 ribu per-bulannya, dimana selebihnya menjadi hak sepenuhnya anggota sebagai simpanan, atau modal usaha yang akan diputar di koperasi yang tentu saja dapat diambil sewaktu - waktu.
selanjutnya dari modal yang sudah terkumpul, kami ada ide untuk memulai usaha dari bidang perkomputeran untuk melayani kebutuhan user BJINET dalam hal spare part maupun perbaikan perangkat komputer atau laptop yang rusak.
Ke depan tidak menutup kemungkinan kita kembangkan untuk memenuhi keperluan sehari - hari anggota dengan harga yang miring, dan seterusnya.
mungkin itu dulu gagasan dari kami, kami menunggu masukan atau tambahan ide lain dari seluruh warga berkenaan dengan rencana pembentukan koperasi ini.
mudah - mudahan suatu saat Allah memberikan keluasan waktu kepada kita untuk kontek darat, bersama - sama membahas rencana ini.
masukan, saran dan ide dari anda bisa dituliskan di kolam komentar, atau diemail ke redaksi BJINET dengan alamat bjinet.alhidayah@gmail.com 
yang ingin mengetahui lebih jauh tentang musyarokah (persekutuan modal), bisa  klik link berikut

Wassalamu'alikum

5 komentar:

  1. SETUJU....SEBAIKNYA SGR DIREALISASIKAN...MUNGKIN BULAN INI LANGSUNG DITAWARKAN KE USER PD SAAT PENARIKAN IURAN....JIKA SETUJU LANGSUNG SAJA DITARIK IURAN KOPERASINYA MISALKAN JADI 60 RB...SETELAH ITU KITA BERTEMU DLM RAPAT.

    BalasHapus
  2. ketua rt 39/11 bji7 Maret 2012 21.25

    sebainya diadakan rapat atau musyawarah para anggota user bjinet.setuju tidaknya iuran ditambah untuk diadakannya badan usaha atau koperasi.jangan sampai dikemudian hari ad pihak yg merasa diuntungkan dan dirugikan.jd alangkah baiknya kita bicarakan bersama, klu pendapat saya pribadi ada baiknya usulan dari bjinet tersebut, untuk dibentuknya suatu wadah dalam usaha/koperasi.KETUA RT 39/11BJI

    BalasHapus
  3. terima kasih Pak RT untuk masukannya, koperasi yang akan kita bentuk sifatnya sukarela. jadi seluruh warga bisa berpartisipasi didalamnya. biar bukan user BJINET tetap bisa menjadi anggota koperasi, pun sebaliknya walau telah menjadi user BJINET tapi tidak berminat menjadi anggota ya tidak ada larangan. mungkin usulan Pak Taryono bisa kita coba, sekalian biar tahu sampai dimana antusias warga dengan gagasan ini

    BalasHapus
  4. SETUJU KAPAN MULAI RAPATNYA, ASALKAN KOPERASINYA BENAR-BENAR BEBAS DARI RIBA

    BalasHapus
  5. Insya Allah Pak, kita juga lagi belajar untuk menghindari riba. mungkin rapat akan diadakan menunggu hasil muter Pak Heri Bulan April, mudah - mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala memudahkan dan meridhoi langkah kita. Amin

    BalasHapus