Sabtu, 24 November 2012

Ikan kepala buaya dari Amazon ditemukan di Jatiluhur


Ikan berkepala buaya (Aligator) di danau jatiluhur ternyata bukan isapan jempol, hal ini di buktikan dengan salah satu warga yang berhasil mengabadikan melalui kamera selluler, hal ini juga di benarkan kepala bidang perikanan Dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Purwakarta Ir. Komaran kepada wartawan pagi tadi "ya, kita telah mendapat kabar hal tersebut dan salah satu ikan berkepala buaya tersebut kita awetkan menggunakan formalin." ujarnya mengawali pembicaraan.
Menurut Komaran ikan tersebut di tangkap nelayan warga sekitar, "bobotnya sekitar 15 Kg, dan ikan tersebut salah satu hewan ilegal, ga tau darimana datangnya." ujarnya. masih menurut komaran bahwa setelah mendapat laporan dari masyarakat tersebut kemudian dinas perikanan melakukan sidak "ada salah satu penangkaran ikan di tengah danau, dan kemungkinan dari penangkaran tersebut yang tidak memiliki izin." ujarnya lagi. "tapi yang jelas penangkaran tersebut telah di tutup oleh pemiliknya, karena berbahaya untuk nelayan" tegas Komaran.
Sementara di tempat terpisah Humas PJT II Imas saat di konfirmasi hal tersebut membenarkan bahwa mendengar informasi tersebut "kami tanggal 24 September melakukan rapat dengan unsur muspika sepakat agar pemilik penangkaran tersebut menutup tempatnya, dan pada tanggal 28 september penangkaran tersebut telah di kosongkan ikan-ikan tersebut telah di bawa penangkarnya." ujar Imas. saat di singgung tentang sewa tempat atau izin imas mengatakan "kita menyewakan tempat sebanyak 3 unit, masing-masing perunit ada sekitar antara 10-20 jaring (petak), sewa tersebut tentu berdasarkan izin." ujarnya lagi. "yang jelas kita tidak akan menyewakan tempat bila tidak ada izin dari Dinas Peternakan dan Perikanan." tegas Imas mengakhiri Pembicaraan.
Menurut salah satu pakar perikanan Dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Sulistiono (dalam salah satu Media Online) mengatakan "ikan aligator (berkepala buaya) merupakan ikan dari sungai sungai yang ada di amerika kemunkinan dari sungai Amazon, dan ikan tersebut sangat berbahaya karena sifatnya Omnivora bahkan cenderung Karnivora. Ikan aligator bisa mencapai 1,8 M atau bahkan lebih dan memilki berat bisa lebih dari 100 Kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar