Rabu, 28 Maret 2012

Tips agar terhindar dari Neraka


Untuk menghindari adzab neraka, Allah telah membuka bagi hambaNya jalan seluas – luasnya lagi mudah, antara lain :
  1. Berlindung kepada Allah dari Adzabnya
Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam mengajarkan kepada kita agar berdoa dan berlindung kepada Allah dari adzab jahannam.
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Apabila salah satu diantara kamu bertasyahud hendaklah berlindung kepada Allah dari empat perkara : Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari siksaan jahannam dan dari siksa kubur dan dari fitnah hidup dan mati dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.” (HR. Bukhori 1/463)
  1. Senantiasa beristighfar dan taubat
Dalam Al-Quran surat Ali Imran : 16 Allah berkata :
“(Yaitu) orang – orang yang berdoa: “Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.”
Taubat yang dimaksudkan ialah berhenti dari perbuatan maksiat karena tidak tahu atau tidak disengaja, berjanji tidak akan mengulangi, merasa menyesal dan segera bertaubat sebagaimana disebutkan didalam Surat An-Nisa': 17-18.
  1. Memperbanyak amalan shalih
Bagi yang menginginkan selamat dari adzab neraka hendaknya berupaya semaksimal mungkin mengamalkan amalan yang shalih, baik yang wajib atau sunnah, karena dengan menyibukkan beramal shalih, berarti dia menghalangi dirinya dari perbuatan jahat dan akan menambah pahala dan menghapus dosa.
Ibnu Abbas Radhiallahu anhu berkata, “Didiklah keluargamu agar taat kepada Allah dan meninggalkan kemaksiatan. Perintah keluargamu agar selalu ingat Allah, maka Allah akan menyelamatkanmu dari api neraka”. (lihat tafsir Ibnu Katsir 4/392)
Dari Abu Sa'id al-Khudri Radhiallahu anhu dia berkata : “Saya mendengar Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa satu hari fi sabilillah maka Allah akan menjauhkan dirinya dari siksa neraka selama tujuh puluh tahun.” (HR.Bukhari 3/1044 dan Muslim 2/808)
  1. Senantiasa takut siksa Allah
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah”. (HR Tirmidzi dan Nasai)
Diriwatkan oleh Imam Al-Baihaqi bersumber dari Abu Hurairah tatkala turun surat An-Najm ayat 59-60 :
“Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu menertawakan dan tidak menangis? (An-Najm : 59-60)
Ahlus sufah menangis sehingga bercucuran air mata di pipi mereka, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam pun menangis lalu kami pun ikut menangis, lalu beliau bersabda, “Tidaklah masuk Neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah.” (HR Tirmidzi dan Nasai)
  1. Jihad fi sabilillah
Abdur Rohman bin Jabr Radhiallahu anhu berkata, “Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah berdebu dua kaki seorang hamba yang berperang dijalan Allah lalu dia masuk neraka” (HR. Bukhari 3/1053)
Akhirnya semoga Allah menjauhkan kita semua kaum muslimin dari adzabnya dan memasukkan didalam surgaNya.

Diambil dari Tulisan Ustadz Aunur Rofiq bin Ghufron di Majalah Al-Furqan Edisi 11 Tahun IV Jumadi Awwal 1426 H


1 komentar:

  1. Assalamualaikum,.Wr,..Wb,..

    @-> Orang Yang ber Iman kepada Allah Pada Hari Kiamat Hendakah Memuliahkan Tetangganya. ( HR. Bukhari )

    Penjelasannya:
    @-> Diriwayatkan dari abu Hurairah r.a. katanya : Rasulullah Saw. bersabda : Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Kiamat, maka hendaklah dia bicara hanya perkara yang baik atau diam barang siapa yang ber iman kepada Allah dan Hari Kiamat,maka hendaklah dia memuliakan tetangganya. begitu juga barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari kiamat, maka hendaklah dia memuliakan para tamunya.

    BalasHapus