Senin, 19 September 2011

Ciliwung ditengah - tengah kita

Anda tahu sungai ciliwung? sebuah sungai yang melintasi tepat di jantung kota Jakarta. kalau Anda belum pernah melihat langsung kondisinya berikut gambaran sekilas mengenai sungai ciliwung.
Beberapa fakta tentang Ciliwung :

Karena terlalu banyak dan menumpuknya sampah, orang pun dapat  berjalan di atas tumpukan sampah yang mengapung tersebut.
Ciliwung adalah sungai terkotor NOMOR SATU di dunia.
Apabila sampah-sampah yang dibuang di sungai Ciliwung (perminggunya) dan daerah disekitarnya disusun secara vertikal, sama besarnya dan sama tingginya seperti TUGU MONUMEN NASIONAL (MONAS)..!! Yaitu sekitar 7000 ton sampah.
Kondisi Kota Jakarta memang sangatlah memprihatinkan. Layakkah kondisi Jakarta yang “amburadul” ini menjadi ibu kota suatu negara..?? Saya pikir, hanya Indonesia yang memilikinya.

Sekarang perhatikan photo dibawah ini

Ini adalah photo sungai kecil yang membelah Perum Bumi Jaya Indah, yang saya ambil pada tanggal 11 September 2011. mungkin tidak separah ciliwung? tapi pernahkah anda memperhatikan atau sekedar melirik untuk mengetahui bagaimana keadaannya sekarang? Penduduk Jakarta sekarang sudah mencapai 8,5 juta jiwa lebih. sangat jauh bila dibandingkan dengan warga BJI. tapi coba kita perhatikan sungainya, menurut saya sudah sangat memprihatinkan, sampah tersangkut dimana - mana, airnya pun sudah mulai menghitam. Mari kita bersama - sama pikirkan solusinya agar sungai yang ada di tengah - tengah kita ini menjadi bersih kembali karena selain akan lebih sehat, tentunya akan lebih sedap dipandang. 
Bukan hanya kewajiban pengurus RW dan RT saja masalah kebersihan lingkungan ini, tapi kewajiban kita semua seluruh warga untuk menjaganya.
memang saat ini agak sulit menggerakkan warga untuk bergotongroyong, apalagi untuk bekerja bakti di tempat - tempat yang kotor. Mudah - mudahan ke depan kalau kita memang sudah tidak ada waktu untuk bekerja bakti bersama - sama, kita bisa mengupah seseorang untuk rutin membersihkan sungai kita ini ...
Agar nantinya tidak akan tercipta ciliwung ditengah - tengah kita.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar