Perbandingan Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa
Smartphone atau telepon seluler (ponsel) telah menjadi bagian penting
dari gaya hidup, budaya, dan kehidupan masyarakat. Tampaknya, orang semakin
sulit untuk melepaskan diri dari smartphone,
terlebih bagi generasi muda. Smartphone dapat digunakan dalam berbagai
kesempatan. Begitu juga di kalangan mahasiswa, di mana di setiap ruang kuliah,
tidak sulit menemukan mahasiswa yang terus menggunakan dengan smartphone secara
terbuka maupun diam-diam. Mereka harus membagi waktu untuk menggunakan
fitur-fitur beragam seperti Whatsaap, Instagram,
Youtube. Oleh karena itu penggunaan smartphone memungkinkan adanya
pengurangan waktu belajar di mana waktu belajar juga ikut menentukan IPK yang
diperoleh mahasiswa.
Bagi mahasiswa smartphone merupakan barang yang wajib dimiliki. Smartphone juga menjadi faktor eksternal
yang menjadi faktor pengaruh bagi nilai akademik mahasiswa. Seperti saat
pandemi ini, smartphone manjadi salah satu akses untuk mahasiswa mengerjakan
tugas, berkomunikasi.
Setiap mahasiswa memiliki jangka
pemakaian penggunaan smartphone berbeda-beda. Kebutuhan penggunan smartphone yang beraga-ragam yang
mungkin menjadi penyebab perbedaan
jangka waktu pemakaian ada yang menggunakan untuk berorganisasi, hanya sekedar
chatting dengan teman.
Setiap mahasiswa memiliki perbedaan
kegunaan dalam menggunakan smartphone. Smartphone sendiri memiliki banyak
aplikasi diantaranya ada Whatsapp, Skype,
Line, Instagram, Facebook. Dari hasil survey 13 mahasiswa didapat bahwa
penggunaan paling banyak digunakan untuk Whatsapp.
Lalu ada youtube dan instagram.
Dari hasil survey kepada 13 mahasiswa
dapat diketahui bahwa media sosial yang
paling sering diguakan yaitu Whatsapp.
Melalui aplikasi ini mereka dapat berkomunikasi dengan orang-orang, terkadang
pula ada berberapa dosen yang memilih Whatsapp
sebagai media untuk pengumpulan tugas, dan untuk mendapatkan info.
Penggunaan smartphone yang
bermanfaat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan, dikarenakan dari
beberap hasil responden ada yang menggunakan smartphone 8-12 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,5-4,0. Tetapi
ada pula yang menggunakan smartphone
6-8 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,0-3,4.
Pengaruh penggunaan smartphone terhadap nilai akademik tergantung pada penggunaan individu masing-masing. Penggunaan smartphone yang bermanfaat dan secara tepat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan. Sebaliknya , penggunaan smartphone untuk hal yang sia-sia seperti bermain game dapat menghasilkan nilai akademik yang kurang.
Profil Penulis:
Ayu Puspita
Universitas Negeri
Yogyakarta
Perumahan
Bumi Jaya Indah Blok H RT 38 RW 11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar