Selasa, 31 Agustus 2021

Ibnu Miskawaih: Pemikiran Filsafatnya

Ibnu Miskawaih: Pemikiran Filsafatnya

Oleh: Alya Azzahra Furqon

1. Ketuhanan

    Pemikiran dan gagasan Ibnu Miskawaih banyak dipengaruhi oleh pemikiran AL Kindi, tentang emanasi banyak dipengaruhi oleh Al Farabi. Menurut Ibnu Miskawai, Tuhan itu jelas sekaligus tidak jelas. Keberadaan Tuhan itu pasti jelas dengan segala hakikatnya, Tuhan jadi tidak jelas ketika ditangkap oleh akal pikiran kita yang terbatas, maka gagasan-gaagasan kita tentang Tuhan tidak sempurna dan terbatas. Jadi, dari sisi Tuhan pasti ada wajibul wujud tapi dari perspektif kita seornag manusia, Dia tidak jelas. Maka kalau hanya mengandalkan pikiran nantinya kita akan menyembah pandanagn dan konsep kita sendiri tentang Tuhan, maka dari itu cukup berimana saja dengan percaya saja pada Dia yang tidak terjangkau oleh akal kita.

2. Emanasi

    Emanasi adalah proses terjadinya ujud yang beraneka ragam, baik langsung atau tidak langsung, bersifat jiwa atau materi, berasal dari ujud yang menjadi sumber dari segala sesuatu yakni Tuhan, yang menjadi sebab dari segala yang ada karenanya setiap ujud ini merupakan bagian dari Tuhan.Creatio ex Nihilo, adalah menciptakan sesuatu dari tidak ada apa-apa yang mana bagi beberpa filosof ha itu tidak masuk akal. Yang mana mayoritas berpendapat sesuatu ada dari yang ada asalnya. Namun seandainya alam ini ada bahannya maka akan ada turunannya dari setaip bahan. Maka materi pertama apapun itu pasti dari Allah bersumbernya. Oleh filsafat emanasi hal ini disebut melimpah dari dirinya Allah yang mana bahnnya alam semesta Allah sendiri. Dalam pandangan Aristoteles segala sesuatu itu ada sebabnya maka pada akhirnya berujung pada Allah, inilah analogi termudah dalam memahami emanasi. Manusia ideal selain nabi adalah filosof, dimana keutamaan diri Nabi langsung anugrah dari Allah jika filosof berusaha sendiri unutk mengakses realitas. Perbedaannya terletak pada teknik memperolehnya.

3.Kenabian

    Ibnu Miskawai terkenal dengan pemikirannya tentang akhlak. Bukunya yang paling terkenal adalah Alkhuluqu Haalun Li Nafsi Daaiyatan Liha Ilaa Af ‘Aluha Min Ghairi Fikrin walaa Ruwiyatin. Yaitu, kondisi jiwa yang mendorong perilaku yang tanpa dipikirkan dan tanpa dipertimbangkan dulu. Tanpa dipikir karena sudah otomatis, dorongan jiwa yang melahirkan tindakan yang otomatis. Akhlak baik itu ada dalam jiwa, tidak dalam perilaku meskipun manifestasinya perilaku. Parameter akhlak bukan fitrah namun menampilkan perbuatan baik adalah pencitraan. Jadi akhlak yang banar adalah kondisi jiwa Haalun Li Nafsi, yang mendorong perbuatan. Khalaq itu ijmali kalu khuluq ikhtiyari. Jika khalaq sudah dikasih langsung secara mutlak oleh Allah tidak dpat diubah sedangkan khuluq bisa kita ubah denagn cara memilih.

4. Tujuan Pendidikan Akhlak

    Akhlak adalah pendidikan jiwa untuk melahirkan tindakan spontana. Jadi, tujuan pendidikan akhlak adalah melatih jiwa untuk terbiasa dalam kebaikan. Upaya dalam melakukan kebiakan itulah adalah pendidikan akhlak. Pendidikan moral yang bagus adalah pembiasaan, pembaisaan dalm kebaikan. Orang yang terbiasa dalam kebaikan akan mencapai kebahagiaan sempurna/paripurna (al sa’adah), kebahagiaan itu akan terjadi jika kebaikan kita utuh dalam aspek batin dan jiwa. Jadi, didiklah dirimu dalm rangka berbuat kebaikan paripurna(saadah) yaitu kebaikan yang sifatnya rasional (mahsusat) maupun empirik (ma’qulat). Jadi, bahagia itu terminal akhir dan jika tidak bahagia mungkin diri kita kurang berbuat kebaikan. Maka lakukanlah al khayr kebaikan, al khayr adalah al sya’I al nafi’ yaitu sesuatu yang bernilai.


Referensi:

http://digilib.uinsby.ac.id/19225/4/Bab%203.pdf. Diakses pada, Ahad 13 Desember 2020.

Pukul 14.06.

https://youtu.be/FpMC84udyNE

Ibnu Miskawaih: Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Ibnu Miskawaih

Oleh: Alya Azzahra Furqon   

    Ibnu Miskawaih adalah seorang filsuf muslim yang memusatkan perhatiannya pada etika Islam. sebenarnya ia juga sebagai seorang sejarawan, tabib, ilmuwan, dan sastrawan. Pengetahuannya tentang kebudayaan Romawi, Persia, dan India sangat luas begitu juga tentang filsafat Yunani. Istighfarotur Rahmaniyah mengutip dalam buku Filsafat Islam karya Sudarsono yang menyatakan bahwa nama lengkap Ibnu Miskawaih adalah Abu Ali al- Khozin Ahmad Ibnu Muhammad bin Ya‟kub bin Miskawaih, yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Miskawaih atau ada yang menyebutya Miskawaih saja.

    Kota Rayy (sekarang Teheran) adalah kota kelahiran Ibnu Miskawaih, kota ini termasuk wilayah Iran. Belum ada tahun yang jelas atas kelahiran beliau, para penulis menyebutkan berbeda-beda, M. M Syarif menyebutkan tahun 320 H/932 M. Morgoliouth menyebutkan tahun 330 H/941 M. Abdul Aziz Izzat menyebutkan tahun 325 H. Terkait umur beliau juga tidak ada kejelasan, hanya saja dituliskan bahwa beliau berumur cukup panjang dan meninggal dunia di Isfahan pada tahun 421 H/ 1030 M. Kota lahirnya tak menjadi tempat ia berjuang dan menimba ilmu, melainkan ia menetap di Isfahan dan menekuni bidang kimia, filsafat, logika, sastra, dan sejarah dalam waktu yang cukup lama. Demikian pula di tempat inilah beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

    Dilihat dari tahun lahir dan wafatnya, Miskawaih hidup pada masa pemerintahan Bani Abbas yang berada di bawah pengaruh Bani Buwaihi yang beraliran syi‟ah dan berasal dari keturunan Parsi Bani Buwaihi yang mulai berpengaruh sejak khifah al-Mustakfi dari ani Abbas mengangkat Ahmad bin Buwaih sebagai perdana menteri dengan gelar Mu’iz al-Daulah pada 945 M. Dan pada tahuan 945 M itu juga Ahmad bin Buwaih berhasil menaklukkan Baghdad disaat bani Abbas berada di bawah pengaruh kekuasaan Turki. 


Selanjutnya...

Bagian 2: Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih

Minggu, 29 Agustus 2021

Perbandingan Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa

Perbandingan Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa

Oleh: Ayu Puspita

    Smartphone atau telepon seluler (ponsel) telah menjadi bagian penting dari gaya hidup, budaya, dan kehidupan masyarakat. Tampaknya, orang semakin sulit untuk melepaskan diri dari smartphone, terlebih bagi generasi muda. Smartphone dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Begitu juga di kalangan mahasiswa, di mana di setiap ruang kuliah, tidak sulit menemukan mahasiswa yang terus menggunakan dengan smartphone secara terbuka maupun diam-diam. Mereka harus membagi waktu untuk menggunakan fitur-fitur beragam seperti Whatsaap, Instagram, Youtube. Oleh karena itu penggunaan smartphone memungkinkan adanya pengurangan waktu belajar di mana waktu belajar juga ikut menentukan IPK yang diperoleh mahasiswa.

    Bagi mahasiswa smartphone merupakan barang yang wajib dimiliki. Smartphone juga menjadi faktor eksternal yang menjadi faktor pengaruh bagi nilai akademik mahasiswa. Seperti saat pandemi ini, smartphone manjadi salah satu akses untuk mahasiswa mengerjakan tugas, berkomunikasi.

    Setiap mahasiswa memiliki jangka pemakaian penggunaan smartphone berbeda-beda. Kebutuhan penggunan smartphone yang beraga-ragam yang mungkin menjadi  penyebab perbedaan jangka waktu pemakaian ada yang menggunakan untuk berorganisasi, hanya sekedar chatting dengan teman.

    Setiap mahasiswa memiliki perbedaan kegunaan dalam menggunakan smartphone. Smartphone sendiri memiliki banyak aplikasi diantaranya ada Whatsapp, Skype, Line, Instagram, Facebook. Dari hasil survey 13 mahasiswa didapat bahwa penggunaan paling banyak digunakan untuk Whatsapp. Lalu ada youtube dan instagram.

    Dari hasil survey kepada 13 mahasiswa dapat diketahui bahwa media sosial  yang paling sering diguakan yaitu Whatsapp. Melalui aplikasi ini mereka dapat berkomunikasi dengan orang-orang, terkadang pula ada berberapa dosen yang memilih Whatsapp sebagai media untuk pengumpulan tugas, dan untuk mendapatkan info.

    Penggunaan smartphone yang bermanfaat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan, dikarenakan dari beberap hasil responden ada yang menggunakan smartphone 8-12 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,5-4,0. Tetapi ada pula yang menggunakan smartphone 6-8 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,0-3,4.

    Pengaruh penggunaan smartphone terhadap nilai akademik tergantung pada penggunaan individu masing-masing. Penggunaan smartphone yang bermanfaat dan secara tepat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan. Sebaliknya , penggunaan smartphone untuk hal yang sia-sia seperti bermain game dapat menghasilkan nilai akademik yang kurang.

Profil Penulis:

Ayu Puspita

Universitas Negeri Yogyakarta

ayupuspita417@gmail.com

Perumahan Bumi Jaya Indah Blok H RT 38 RW 11

Sabtu, 28 Agustus 2021

Acara 17 Agustus-an 2021 RW 11 Perumahan Bumi Jaya Indah

 Pertandingan Voli

Sumber: Dokumen pribadi

    Sabtu, 28 Agustus 2021, sore hari -Sedang berlangsung pertandingan voli di lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah. Pertandingan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan 17 Agustusan yang dilaksanakan oleh warga RW 11. Pertandingan voli ini berlangsung dengan dua kategori yaitu putera dan puteri. Pertandingan sudah berlangsung sejak siang hari.

    Alhamdulillah pertandingan ini berjalan dengan meriah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta dan penonton yang hadir memenuhi lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah selama pertandingan berlangsung. 

Sumber: Dokumen pribadi
    
    Dengan diadakannya pertandingan ini, warga Perumahan Bumi Jaya Indah dapat berkumpul untuk ikut berpartisipasi maupun menyaksikan dalam memeriahkan kegiatan 17an di tahun 2021 ini. Dengan partisipasi warga, baik sebagai peserta, panitia maupun sebagai penonton hal tersebut merupakan salah satu pencapaian besar guna lebih memererat tali silaturahmi, dengan bertemu dan bertatap muka langsung sembari menonton pertandingan voli tersebut.

    Untuk agenda esok hari Ahad, 29 Agustus 2021  Insyaallah pukul 08.00 akan dilaksanakan pertandingan futsal putera. 

Ayoo..! Saksikan dan meriahkanlah pertandingan futsal putera kategori anak esok hari pukul 08.00 pagi, di lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah.!!

    Dokumentasi Sabtu, 28 Agustus 2021:

Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi

Kamis, 26 Agustus 2021

Praktik Pembuatan Pupuk Cangkang Telur dan Penanaman Tanaman TOGA

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Praktik Pembuatan Pupuk Cangkang Telur dan

Penanaman Tanaman TOGA


    Kegiatan terkahir yang kami lakukan sebagai kegiatan utama dalam pelaksanaan KKN di Perumahan BJI ini adalah praktik pembuatan pupuk cangkang telur dan penanaman tanaman obat keluarga atau TOGA. Sebgaimana telah disebutkan dalam postingan sebelumnya bahwa praktik pembuatan pupuk cangkang teluar atau PCT kegiatannya telah diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu sehingga saat praktik para peserta atau  remaja yang berpartisipasi telah memeiliki informasi sedikitnya tentang PCT itu sendiri.
    
    Penanaman tanmaan obat keluarga atau TOGA, pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 25 Agustus 2021 kemarin. Pelaksanaan kegiatan ini dari pukul 8.00- 10.00 WIB dihadiri oleh 2 orang remaja anggota dari karang taruna BJI RT 38.  Tanaman obat yang ditanam sebanyak 20 tanaman diantaranya jahe merah, lengkuas, temu kunci, sambiloto, dan temulawak. Tanaman TOGA (Obat Keluarga) ini sangat cocok dibudidayakan di masa pandemi covid-19 ini karena memiliki banyak manfaat diantaranya:

1) Jahe merah bermanfaat untuk anti penuaan dan kanker, meredakan nyeri haid, menurunkan glukosa darah sampai kolesterol, memperkuat sistem imun, menangkal infeksi bakteri dan virus, meredakan sakit otot, mengatasi masalah pencernaan.
2) Lengkuas, bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengobati diare, mencegah infeksi, mengurangi risiko tumor dan kanker, meredakan peradangan dan nyeri, meringankan gejala asma, meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak.
3) Temu kunci, bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya. selain itu, daun dari temu kunci juga mempunyai sifat penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang berguna untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. temu kunci juga berpotensi mencegah dan menyembuhkan covid-19.
4) Sambiloto, bermanfaat untuk Meringankan gejala flu, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, meredakan demam, menurunkan tekanan darah.
5) Temulawak, bermanfaat untuk  memperlancar proses pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagai antibakteri dan antijamu.

Dokumentasi:
1) Proses penanaman:
2) Praktik pembuatan PCT: 

Rabu, 25 Agustus 2021

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Cangkang Telur

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Cangkang Telur (PCT)

Sumber: Dokumen Pribadi

    Program utama dalam pelaksanaan KKN DR SISDAMAS 2021 yang dilkaukan di Perumahan Bumi Jaya Indah, selain program utama pendidikan adapula program utama yang bertemakan lingkungan. Ya, salah satu program tersebut adalah sosialisasi pembuatan pupuk cangkang telur atau (PCT). Alhamdulillah, sosisalisasi ini telah terlaksana pada Jum'at 20 Agustus 2021 kemarin via Google Meet.

    Sosialisasi pembuatan PCT atau pupuk cangkang telur ini ditargetkan untuk remaja di lingkunagn perumahan, khususnya RT 38. Adapun pelaksanaan sosialisasi via Google Meet berlangsung denagn sistem sharing materi dan tutorial pembuatan melalui tampilan video.
Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
       
        Materi Sosialisasi: Download

    Selain via Google Meet, kami pun melaksanakan sosialisasi via pamflet yang di sebar melalui beberapa Whats Apps Group. Berikut pamflet sosialisasi yang berisi materi mengenai pembuatan pupuk cangkang telur:
Sumber: Dokumen Pribadi

✨[Sharing about Natural Fertilizer and Pesticides]✨
.
.

Dalam beberapa literatur, limbah cangkang telur dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menetralkan pH tanah, menyuburkan tanaman, mengatasi hama pada tanaman. Selain eco-friendly, pemanfaatan  cangkang telur ini dapat dijadikan pengganti dolomit. 

Telur menjadi salah satu sumber sediaan bahan pangan dengan tingkat konsumsi yang tinggi, sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar kita.

Ayo kumpulkan cangkang telur dan Kurangi sampah rumah tangga dengan DAUR ULANG!✨✨
Skuy kita buktikan! 


#SAVEOUREARTH
#KURANGISAMPAHMU
#DAURULANGSAMPAHMU
#KKNBJIRT38
#KKN-DR_UINSGDBDG

Pemanfaatan Media Pembelajaraan Video dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri Purwakarta

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Pemanfaatan Media Pembelajaraan Video dalam Pembelajaran Darinpada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri Purwakarta

Oleh: Muhammad Rofi Al-Syaddad

    Saat ini dunia sedang disibukan dengan munculnya virus corona (Covid-19) yang sangat berpengaruh kedalam berbagai aspek di bidang kehidupan terutama di bidang pendidikan. Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem Daring (dalam jaringan) atau online. Sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

    Kebijakan pemerintah ini mulai diberlakukan di beberapa provinsi di Indonesia pada hari senin, 16 Maret 2020. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi sekolah- sekolah di tiap-tiap daerah yang tidak siap dengan system pembelajaran daring, yang mana membutuhkan media pembelajaran seperti handphone, laptop, atau komputer. Beberapa siswa yang tidak memiliki handphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring ini merasa kebingungan, sehingga pihak sekolah khususnya SLB Negeri Purwakarta ikut mencari solusi untuk mengantisipasi hal demikian.

    Dengan adanya permasalahan tersebut diatas, maka diperlukan sebuah solusi atau alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran daring merupakan alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa  akan  tetapdilakukan  melalui  online  yang  menggunakan  jaringan  internet. Guru  harus  memastikan  kegiata  belajar  siswa  berjalan  dengan  lancar,  meskipun siswa berada di rumah. Solusinya guru dituntut dapat mendesain pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media pembelajaran daring (online).

    Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga berdampak pula pada kemajuan media pembelajaran yang digunakan sekarang ini meskipun  dengan penanaman yang berbeda-beda (Yaumi, 2018). Teknologi dan informasi tersebut menjadi solusi untuk pembelajaran yang dilakukan sekarang ini. Media pembelajaran telah maju dan berkembang seiring dengan lahirnya revolusi komunikasi yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran selain media yang sudah ada sebelumnya seperti guru, buku teks dan papan tulis (Yaumi, 2018), tetapi teknologi pemebelajaran disini dapat berupa media yang bisa membantu untuk mempermudah manusia dalam hal pekerjaan terutama dalam bidang pendidikan apalagi ketika dimasa pandemi yang sekarang sedang kita rasakan.

    Banyak sekali teknologi media pembelajaran yang berbentuk platform yang digunakan disetiap instansi pendidikan, pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan. Seperti Google Classroom, E-learning, YouTube, WAG, Edmodo, Zoom, Google Meet dan platform lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dari rumah. Media pembelajaran disebut juga sebagai alat atau sumber belajar yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa (Yunanta, 2019). Setiap platform yang digunakan tentu memiliki kekurangan serta kelebihan yang dimiliki pada saat digunakan untuk proses pembelajaran.

    Beberapa guru di SLB Negeri Purwakrta, jika pembelajaran daring ini tidak seefektif kegiatan belajar secara konvensional (tatap muka langsung), dikarenakan ada beberapa materi yang harus dijelaskan secara langsung dan lebih lengkap. Selain itu, materi yang diampaikan secara daring belum tentu bisa dipahami oleh semua siswa. Berdasarkan pengalaman mengajar beberapa guru secara daring, sistem ini hanya efektif untuk memberikan sebuah penugasan dan kemungkinan hasil dari pengerjaan tugas-tugasnya  itdiberikan  ketika  siswa  akan  masuk.  Sehingga  kemungkinan tugas-tugas akan semakin menumpuk.
Gambar 1. Materi Video Pembelajaran Tutorial
Sumber : Dokumen Pribadi
    Salah  satu  media  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  daring  adalah  media tutorial pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media tutorial bertujuan untuk memberikan pemahaman secara tuntas kepada siswa mengenai materi dalam media tutorial pembelajaran (Dwiyogo, W. D. 2008)

    Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang berupa alat bantu belajar yang  dapat berupa  suara,  gambar,  rekaman,  film  /video,  garis,  symbol  yang mungkin ditransformasikan dalam bentuk objek yang berupa rangkuman kejadian yang kemudian ditampilkan kembali sebagai gambaran. Media pembelajaran pun akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran sebab dengan adanya media siswa dapat berinteraksi secara audio dengan rekaman, visual dengan gambar diam atau gambar bergerak dan secara audio visual dengan video atau film.

    Media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring merupakan suatu alternatif dalam proses kegiatan belajar dalam masa pandemic covid-19 di SLB Negeri Purwakarta. Guru dan siswa dapat memanfaatkan beberapa jenis video yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di rumah. Terlebih lagi, video memberikan segudang inspirasi kepada peserta didik maupun pendidik untuk selalu berinovasi dalam dunia kependidikan . Namun dibalik itu semua, media pembembelajaran video ini rawan akan pembullyan online khususnya Youtube yang mengakibatkan sesorang dapat sampai merasakan depresi. Gunakanlah media pembelajaran berbasis video dengan bijak dan sebaik mungkin.
Penulis: Muhammad Rofi Al-Syaddad
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
Alamat: Perumahan Bumi Jaya indah Blok G RT 38 RW 11 (Dawis 4)