Indah dan melenakan. Itulah dunia. Karena itu, tak sedikit
yang sengsara dibuatnya. Ada yang celaka, ada juga yang terhina. Andaikata ada
yang bahagia karena dunia, itu hanya sementara. Karenanya, kita harus
senantiasa waspada. Jangan sampai terlena
Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan
salam semoga tercurahkan kepada Rasul junjungan; Muhammad Shallallahu ‘Alaihi
Wasallam.
Indah dan melenakan. Itulah dunia. Karena itu, tak sedikit
yang sengsara dibuatnya. Ada yang celaka, ada juga yang terhina. Andaikata ada
yang bahagia karena dunia, itu hanya sementara. Karenanya, kita harus
senantiasa waspada. Jangan sampai terlena. Jika tidak, kita akan menjadi korban
berikutnya. Waspadalah..waspadalah..! Berikut ini catatan penting tentang dunia
yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.
Dunia dengan segala kemegahan dan keindahannya tidak ada
nilainya jika dibandingkan dengan akhirat. Camkanlah firman Allah berikut ini
(Q.s. at-Taubah [9]: 38), yang artinya: “Apakah kamu puas dengan kehidupan di
dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini
(dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit.” Berapa banyak yang
mampu manusia peroleh dari kepuasan itu? Padahal umurnya hanya sebentar. Jika
ia memilih kenikmatan yang sedikit itu, maka di akhirat kelak tidak ada tempat
yang pantas baginya, melainkan neraka.
مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ
الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ
فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا
يُبْخَسُونَ أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي
الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ
مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا
كَانُوا يَعْمَلُونَ
“Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan
perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di
dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah
orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di
akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang
telah mereka kerjakan” (Q.s. Hûd [11]: 15-16).
Apa yang menjadi bagian manusia di dunia ini pasti akan
diberikan kepadanya, tanpa dikurangi sedikitpun dari haknya. Sebagaimana sabda
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berikut ini.
فَإِنَّ
نَفْسًا لَنْ تَمُوتَ حَتَّى
تَسْتَوْفِيَ رِزْقَهَا وَإِنْ أَبْطَأَ عَنْهَا
“Sesungguhnya tiap jiwa tidak akan dicabut nyawanya hingga
disempurnakan rezekinya, meskipun itu terlambat” (HR. Ibnu Majah. Menurut
Syaikh Albani, hadis ini sahih).
Jika demikian, lantas apa sebenarnya yang membuat manusia
menjadi tamak terhadap dunia? Bukankah masing-masing sudah ada jatahnya. Tidak
berlebih dan tidak berkurang?
Siapa pun yang tamak terhadap dunia, hingga membuatnya
mengambil hak orang lain, atau membuat perhatiannya hanya tertuju pada dunia
semata melebihi batas kewajaran, maka secara otomatis ia akan menyia-nyiakan
akhiratnya. Yang mengakibatkan ia dilempar ke dalam api neraka. Rasulullah
pernah bersabda, yang artinya: “Pada hari kiamat kelak akan didatangkan seorang
penduduk neraka; dulu ketika di dunia ia adalah orang yang paling enak
hidupnya. Lantas dicelupkan ke dalam neraka sekali celup. Kemudian ditanyai, “Wahai
manusia, apakah engkau pernah merasakan kenikmatan?” Ia pun menjawab, “Belum
pernah, wahai Tuhan, sedikitpun” (H.r. Muslim dan Ahmad).
Hanya sekali celupan dalam siksaan, ia telah melupakan
kesenangan, kebahagiaan, dan kenikmatan yang dulu pernah dirasakannya di dunia.
Itu pun cuma satu celupan. Nah, bagaimana kalau azab akhirat itu adalah sesuatu
yang akan ia rasakan untuk selama-lamanya? Bukankah ia akan hidup dalam
kesengsaraan yang abadi?
Orang yang orientasinya akhirat tidak akan merugi di dunia.
Bahkan, ia justru akan mendapatkan bagian dunia dan akhirat sekaligus. Maka
adalah suatu kebodohan jika kita hanya memfokuskan amalan kita untuk mengejar
dunia. Seperti firman Allah berikut ini (Q.s. al-Baqarah [2]: 200): Maka di
antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan)
di dunia,” dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.
Sedangkan orang yang berakal pasti akan memanjatkan doa dengan redaksi berikut.
وَمِنْهُمْ
مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا
فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً
وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami,
berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami
dari siksa neraka”” (Q.s. al-Baqarah [2]: 201). Inilah doa yang sebaik-baiknya
bagi seorang Muslim.
Amalan yang berorientasi akhirat adalah sebab seseorang
memperoleh kebahagiaan di dunia. Lalu kenapa banyak orang yang menyia-nyiakan
dua kebahagiaan ini? Itu tidak lain karena mereka berpaling dari tuntunan Allah
‘Azza wa Jalla. Renungilah firman-Nya berikut (Q.s. Thâhâ [20]: 123-127), yang
artinya: “Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi
musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku,
lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan
celaka; Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya
baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari
kiamat dalam keadaan buta.” Berkatalah ia: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau
menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang
melihat?”; Allah berfirman: “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami,
tetapi kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun dilupakan,”
Demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada
ayat-ayat Tuhannya. Sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih
kekal.
Maka siapa saja yang beramal hanya untuk dunia, baginya
penghidupan yang sempit, dan di akhirat kelak ia akan disiksa dalam azab yang
pedih. Adapun jika ia beramal untuk akhirat, baginya sebenar-benar penghidupan
di dunia dan akhirat sekaligus.
Orang yang “matian-matian” mengejar dunia, pada hakikatnya
hanyalah mewujudkan hasil yang sudah ditentukan. Atau, dengan kata lain
mengejar sesuatu yang pasti akan sampai ke pemiliknya, tanpa dikurangi sedikit
pun. Oleh karena itu, apa pun yang ia lakukan tidak akan memengaruhi bagian
yang telah ditentukan untuknya. Layaknya seorang yang masuk ke sebuah kebun,
lalu merasa takjub dengan apa yang ada di dalamnya. Namun, ia justru sibuk
melobi pegawai dan pemilik kebun; meminta dispensasi perpanjangan jam
berkunjung. Ketika bel berbunyi tanda jam berkunjung telah habis, ia baru
tersentak kaget, sebab ia belum berhasil dengan usaha lobinya. Dan Ia pun
diminta keluar dengan perasaan terhina. Bahkan sekadar mencicipi buah yang ada
di kebun itu pun ia belum sempat.
Begitu juga keadaan orang yang masuk ke dalam kebun yang
bernama dunia. Ia akan tersibukkan oleh keindahan dan kemegahan yang ada. Lalu
berusaha memperpanjang masa kontraknya dengan mencari ‘obat ampuh’ ke sana-ke
mari demi memperpanjang umur. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil. Justru,
ia dikegetkan oleh kedatangan malaikat maut yang akan mencabut nyawanya, telah
berdiri di depan matanya seraya membisikkan sebuah kata di telinganya, “Waktumu
sudah habis. Kesempatanmu di dunia ini sudah habis. Ajalmu telah tiba.
Keluarlah engkau secara suka rela. Atau kalau tidak, engkau akan dipaksa”.
وَجَاءَتْ
سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ذَلِكَ مَا كُنْتَ
مِنْهُ تَحِيدُ وَنُفِخَ فِي
الصُّورِ ذَلِكَ يَوْمُ الْوَعِيدِ
وَجَاءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَعَهَا
سَائِقٌ وَشَهِيدٌ لَقَدْ كُنْتَ فِي
غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا فَكَشَفْنَا
عَنْكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ
“Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya.
Itulah yang kamu selalu lari daripadanya.) Lalu ditiuplah sangkakala. Itulah
hari terlaksananya ancaman. Kemudian datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan
Dia seorang Malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi. Sesungguhnya
kamu berada dalam Keadaan lalai dari (hal) ini, maka Kami singkapkan daripadamu
tutup (yang menutupi) matamu, Maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam”
(Q.s. Qâf [50]: 19-22).
Orang berakal berusaha menggunakan kesempatan dengan
sebaik-baiknya demi sebuah kebahagiaan yang hakiki. Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Orang yang berakal adalah orang yang
menundukkan hawa nafsunya dan beramal untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan
orang yang bodoh adalah orang yang memperturutkan hawa nafsunya dan
berangan-angan terhadap Allah” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, menurut
adz-Dzahabi hadis ini sahih, sedangkan menurut Syeikh al-Albani dha’if).
Walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin
***
Penulis: Abu Hasan Abdillah, BA., MA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar