Minggu, 10 Oktober 2021

Ibadah badan yang paling utama

 Ibnu Taimiyyah -rahimahullah- berkata: 

  "Ibadah badan yang paling utama adalah Sholat kemudian membaca alqur'an kemudian dzikir kemudian berdo'a" 

📚 Majmu' fatwaa (10/401) 

 *******************************************

Mari berlomba dalam kebaikan dengan berbagi dan mengikuti akun mutiara iman

Telegram @mutiaraimanID - bit.ly/3wWUGC1

Instagram @mutiaraiman.id - bit.ly/3wLnIEj

Facebook @mutiaraiman.id - bit.ly/3cX5OXo



Kenikmatan meninggalkan Ma'siat

Ibnul Qoyyim -rahimahullah- berkata: _Barang siapa yang malu kepada Allah ketika berma'siat kepadaNya, niscaya Allah akan malu untuk menghukumnya ketika berjumpa dengannya"

📚 Sofhah tadqiq Lughowi 

**********************

Mari berlomba dalam kebaikan dengan berbagi dan mengikuti akun mutiara iman

Telegram @mutiaraimanID - bit.ly/3wWUGC1

Instagram @mutiaraiman.id - bit.ly/3wLnIEj

Facebook @mutiaraiman.id - bit.ly/3cX5OXo






Kenikmatan meninggalkan Ma'siat

Salah seorang salaf berkata:

_"Simpanlah waktu istirahatmu untuk di kuburanmu, sedikitkanlah dari perkara sia-siamu dan tidurmu, karena akan datang waktu tidur yang pagi harinya merupakan hari kiamat, betapa indahnya engkau meninggalkan ma'siat sedangkan hatimu menginginkannya dan Allah menggantikan bagimu yang lebih baik darinya"_ 


📚 Sofhah tadqiq Lughowi 

**********************

Mari berlomba dalam kebaikan dengan berbagi dan mengikuti akun mutiara iman

Telegram @mutiaraimanID - bit.ly/3wWUGC1

Instagram @mutiaraiman.id - bit.ly/3wLnIEj

Facebook @mutiaraiman.id - bit.ly/3cX5OXo




Merahasiakan Amal Kebaikan

Dari Zubair bin Awam berkata: telah bersabda Rasulullah sallallahu alayhi wa sallam:

"Barang siapa di antara kalian untuk mampu merahasiakan amal kebaikannya maka lakukanlah"

�� Shohihul Jaami' (5/240)




Selasa, 28 September 2021

Kewajiban Orang Tua Dalam Mendidik Anak

 Kewajiban Orang Tua  Dalam Mendidik Anak

Oleh: Alya Azzahra Furqon

      Hukum merawat dan mendidik anak telah disepakati oleh ulama fiqh bahwa hal tersebut merupakan suatu kewajiban bagi orang tua. Karena apabila anak yang masih kecil dan belum mumayyiz tidak dirawat dan didik dengan baik, maka akan berakibat buruk pada diri dan masa depan mereka, bahkan bisa mengancam eksistensi jiwa mereka. Oleh karena itu anak-anak tersebut wajib dipelihara, diasuh, dirawat dan dididik dengan baik. Sebgaimana termaktub dalam firman Allah QS. Al Baqarah ayat 233 (Syarifudin, 2006: 10).

    Kewajiban ini tidak hanya dipegang oleh seornag ibu, namun juga seornag ayah, yang bertanggung jawab untuk membayar perempuan yang menyusui anaknya tersebut. Hal ini diperkuat denagn sabda Rasulullah Saw. yang artinya: “Dari ibnu syuaib dari ayahnya dari kakeknya yakni Abdullah bin Umar r.a. , bahwa ada seorang wanita yang bertanya kepada Rasulullah, “ Hai Rasulullah, anakku ini adalah perutku yang menjadi kantongnya (mengandungnya), air susuku minumannya, dan pangkuan saya tempat berlindungnya selama ini. Kini, suamiku telah menalakku dan ia ingin mengambil anakku ini dari padaku, bagaimana itu? “ Jawab Rasulullah S.A.W. kamu lebih berhak atas anakmu itu, selama kamu belum nikah lagi”

    Dalam Kompilasi Hukum Islam, kewajiban mengasuh dan memelihara anak merupakan kewajiban bersama antara suami dan istri. Hal ini tercantum dalam pasal 77 ayat (3) yang berbunyi : “Suami istri memikul kewajiban untuk mengasuh dan memelihara anakanak mereka, baik mengenai pertumbuhan jasmani, rohani maupun kecerdasannya, dan pendidikan agamanya”(Syarifudin, 2006).

    Kewajiban orang tua untuk memnuhi hak anaknya terdapat dalam sebuah hadis, yang artinya: “Kewajiban orang tua terhadap anak adalah: membaguskan namanya dan akhlak atau sopan santun, mengajarkan tulis menulis, berenang, dan memanah, memberi makan dengan makanan yang baik, menikahkannya bila telah cukup umur.” (HR. Hakim)

    Diantara pemaparan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya sebagaimana hadis di atas adalah sebagai berikut (Syarifudin, 2006: 12-15):

1.    Memberi nama yang baik untuk anaknya

Nama adalah ciri atau tanda, maksudnya adalah orang yang diberi nama dapat mengenal dirinya atau dikenal oleh orang lain. Dalam QS. Mayam ayat 7 Allah Swt. berfirman, yang artinya; 7.  Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.

Berikanlah nama yang disegani dan mempunyai arti yang baik, jangan nama yang dibenci. Nama yang baik dapat juga menjadi penyebab orang yang memiliki nama itu berusaha menjadi kualitas seperti makna yang terkandung dalam nama tersebut. Abu Dawud meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya kamu pada hari akhirat kelak dipanggil dengan menyebut namamu dan nama bapakmu, karena itu berilah nama yang baik.

2.    Mendidik anak dengan pendidikan terbaik

Kewajiban orang tua untuk mendidik anak-anaknya mulai dari pendidikan di rumah, pendidikan di sekolah atau pesantren, bahkan sampai anak melanjutkan ke perguruan tinggi, merupakan hak anak yang patut diterima dengan sebaikbaiknya. Pendidikan buat anak yang paling vital di rumah yaitu mengajarkan dan membiasakan shalat kepada anak-anaknya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Thaha ayat 132.

3.    Mengajarkan keahlian dan ketangkasan

Seperti keahlian membaca dan menulis, dalam konteks sekarang mungkin anak diajarkan agar menguasai komputer, bahasa asing dll. Ketangkasan dan keberanian, dapat diajarkan melalui latihan berenang dan memanah, maupun olah raga lainnya.

4.    Menempatkan ditempat tinggal yang baik dan memberi rezeki dari yang baik

Anak yang tinggal di tempat tinggal dan lingkungan yang baik, niscaya akan menjadi anak-anak yang baik. Juga, anak yang makan dan minum yang diberikan orang tuanya dari rezki yang halal dan baik, niscaya akan menjadi anak yang baik pula.

5.    Menikahkan anak bila sudah cukup umur

Q.S. An-Nur:32 (dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu …) artinya hendaklah laki-laki yang belum kawin atau wanita-wanita yang tidak bersuami, dibantu agar mereka dapat menikah.

    Kewajiban orang tua dalam memenuhi hak anaknya, dianataranya untuk memenuhi anak denagn hak (Syarifudin, 2006: 16):

1.    Hak Nasab, dengan hubungan nasab ada sederetan hak-hak anak yang harus ditunaikan orang tuanya dengan nasab pula dijamin hak orang tua terhadap anaknya.

2.    Hak Radla’ adalah hak anak menyusui, ibu bertanggung jawab dihadapan Allah menyusui anaknya ketika masih bayi hingga umur dua tahun, baik masih dalam tali perkawinan dengan ayah bayi atau sudah bercerai.

3.    Hak Hadhanah yaitu tugas menjaga, mengasuh dan mendidik bayi atau anak yang masih kecil sejak lahir sampai mampu menjaga dan mengatur diri sendiri.

4. Hak Walayah disamping bermakna hak perwalian dalam pernikahan juga berarti pemeliharaan diri anak setelah berakhir periode hadhanah sampai dewasa dan berakal atau sampai menikah dan perwalian terhadap harta anak.

5.  Hak Nafkah merupakan pembiayaan dari semua kebutuhan diatas yang didasarkan pada hubungan nasab.

6.  Hak Memberi Keadilan, J.S. Badudu dan Sutan Mohammad Zain mengatakan bahwa anak adalah keturunan pertama sesudah ibu bapak. Anak mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena ia menjadi pelanjut keberadaan manusia. Proses kegiatan ini terus berlanjut dari generasi ke generasi berikutnya. Dalam preoses ini anak berfungsi sebagai generasi penerus atau bisa disebut penyambung keturunan. Pada dasarnya seorang anak mempunyai kedudukan yang sama dengan anak yang lain. Rasulullah saw. Tidak pernah memandang bahwa anak ini mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dengan anak lainnya. Beliau menyuruh umatnya untuk memperlakukan anaknya dengan adil sebagaimana sabdanya: “bertakwalah kepada allah dan bersikap adil terhadap anak-anakmu.(H.R. Bukhori Muslim).

Mengacu pada hadits nabi tersebut, maka orang tua sepanjang masa dapat menerapkan dasar keadilan dan persamaan dalam kecintaan, perlakuan, dan kasih sayang tanpa membeda-bedakan diantara anak-anaknya baik lakilaki maupun perempuan. Perlakuan tidak adil yang dilakukan orang tua terhadap anak akan menimbulkan perasaan kurang baik dan anak akan mengasumsikan berbagai macam perasaan yang sebetulnya justru akan merugikan kepada si anak itu sendiri dan selanjutnya akan merugikan pula kepada keluarganya.

    Dalam buku Dr. Abdullah Nashih Ulwan terjemah dari buku Tarbiyatu al-Aulad fi al-Islam bahwa kewajiban orang tua terhadap anak dibagi menjadi 7 bagian: 1)Tanggung jawab pendidikan iman, 2)Tanggung jawab pendidikan akhlak, 3)Tanggung jawab pendidikan fisik, 4)Tanggung jawan pendidikan intlektual, 5)Tanggung jawab pendidikan psikis, 6)Tanggung jawab pendidikan sosial, 7)Tanggung jawab pendidikan seksual (Fatkurrochman, 2017: 17-18).

Referensi:

Fatkurrochman, M. (2017). TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP ANAK ( Telaah Pendapat Surat Lukman Ayat 13 ).

Syarifudin, A. (2006). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia antara Fiqh dan Munakahat dan UU Perkawinan. 9–32.

 

Rabu, 01 September 2021

Penutupan KKN BJI RT 38

 Penutupan KKN BJI RT 38

Bismillahirrahmaanirrahim..
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraakatuh...

Selasa 2 Agustus hingga Selasa 31 Agustus 2021, berakhir sudah rangkaian kegiatan KKN DR SISDAMAS 2021 yang dilaksanakan di Perumahan Bumi Jaya Indah RT 38 RW 11 Munjuljaya Purwakarta. Pelaksanaan KKN DR SISDAMAS 2021 yang kami fokuskan di MDTA Al Hidayah serta Dawis 4 di RT 38 ini telah meninggalkan jejak serta hasil sebagai wadah yang dapat diteruskan kedepannya sehingga progres KKN yang kami lakukan (Alya dan Fitri) sesuai dengan tujuan awal metode KKN ini, yaitu melalui metode pemberdayaan.

Program Utama kami dalam bidang pendidikan ialah melalui kegiatan Webinar Konten Kepenulisan serta Lomba Menulis Cerpen dan Mewarnai. Dua kegiatan utama tersebut menggunakan Whats Apps, Google Meet serta Blog sebagai platform utama pelaksanaan kegiatan. Webinar sebagai program utama yang kami gagas berdasrkan permasalahan pada refleksi sosial tahap awal, dilaksanakan dengan dengan tiga tahap sebagai berikut:
1. Sosialisasi Webinar, dilakukan melalui pamflet yang telah dibuat serta penyebaran via Whats Apps.
2. Pelaksanaan Webinar,  dilakukan melalui Google Meet pada Sabtu, 14 Agustus 2021 pukul 09.00-10.30.
3. Dokumentasi Webinar, dilakukan melalui Blog BJI-NET. Dimana pihak pengelola telah memberikan izin pada kami untuk mengaktifkan dan mengisisi serta memperbaharui konten-konten yang ada di dalamnya. Melalui blog ini seluruh rangkaian kegiatan Webinar dapat diakses, pun di dalamnya telah disisipkan video webinar yang telah terlaksana sehingga dapat diputar ulang bagi yang menginginkannya. Penyisipan video tersebut melalui HTML YouTube dan Google Drive.
Follow up dari kegiatan webinar tersebut adalah pemberdagaan minat bakat kaum muda dalam berliterasi dibidang konten kepenulisan. Disini kami menggali sesuatu yang sebekumnya telah ada, yaitu mengaktifkan kembali blog BJI-NET yang sudah lama tidak beroperasi. Dan dengan melalui Lomba Menulis Cerpen kami memotivasi anak-anak untuk ikut berpartisipasi serta nengasah minat bakat mereka dalam konten kepenulisan tersebut.
Kegiatan utama kami yang berikutnya adalah Sosialisasi Oembuatan Pupuk Cangkang Telur atau PCT, Menanam Tanaman TOGA serta Praktik dan Pengaplikasian PCT secara langsung pada tanaman TOGA tersebut. Kegiatan ini dilatarbelakangi dari refleksi sosial bidang lingkungan. Sehingga memotivasi kami (Alya dan Fitri) untuk menyusun dan mengagendakan program tersebut sebagai solusi dari problematika refleksi sosial yang ada.

Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan menggunakan media Whatss Apps, Google Meet dan Blog sebagai paltform penunjang utama. Adapun rangkaian kegiatan adalah sebagai berikut:
1. Prosea sosialisasi menggunakan pamflwt via Whats Apps.
2. Proses pelaksanaan via Google Meet dengan materi presentasi yang diatmpilkan dan vid3o tutorial sebagai penunjang utama kegiatan Sosialisasi PCT.
3. Proses pelaksanaan tanam TOGA secara offline yang kemudian dilanjut dengan proses praktik pwmbuatan PCT serta oengaplikasiannya langsung.
4. Proses dokumentasi, kami abadikan di blog BJI-NET dengan sisipan video. Sehingga bagi yang berminat dan tertarik pada kegiatan lingkungan ini dapat melihat serta mempelajarinya dari materi artikel serta video tutorial yang telah diposting ini.
Kami, Alya Azzahra Furqon dan Fitri Aulia Rahmayanti pamit undur diri dari seluruh kegiatan KKN SISDAMAS 2021 di lingkungan Perumahan Bumi Jaya Indah. Semoga kegiafan-kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi seluruh masyarakat khususnya kaum muda. Dan kegiatan-kegiatan tersbeut dapat berjalan kembali dan tetap terus dilaksanakan walaupun tanpa adanya kehadiran kami.

Kami ucapkan terima kasih banyak jepada seluruh masyarakat Perumahan Bumi Jaya Indah, terkhusus bagi keluarga besar MDTA Al Hidayah dan Dawis 4 di RT 38 RW 11. Terima kasih banyak atas oartisipasinya dan keantusiasannya dalam seluruh rangakaian kegiatan yang telah terlaksana.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Warahmaatullahi Wabarakatuh..

Selasa, 31 Agustus 2021

Ibnu Miskawaih: Pemikiran Filsafatnya

Ibnu Miskawaih: Pemikiran Filsafatnya

Oleh: Alya Azzahra Furqon

1. Ketuhanan

    Pemikiran dan gagasan Ibnu Miskawaih banyak dipengaruhi oleh pemikiran AL Kindi, tentang emanasi banyak dipengaruhi oleh Al Farabi. Menurut Ibnu Miskawai, Tuhan itu jelas sekaligus tidak jelas. Keberadaan Tuhan itu pasti jelas dengan segala hakikatnya, Tuhan jadi tidak jelas ketika ditangkap oleh akal pikiran kita yang terbatas, maka gagasan-gaagasan kita tentang Tuhan tidak sempurna dan terbatas. Jadi, dari sisi Tuhan pasti ada wajibul wujud tapi dari perspektif kita seornag manusia, Dia tidak jelas. Maka kalau hanya mengandalkan pikiran nantinya kita akan menyembah pandanagn dan konsep kita sendiri tentang Tuhan, maka dari itu cukup berimana saja dengan percaya saja pada Dia yang tidak terjangkau oleh akal kita.

2. Emanasi

    Emanasi adalah proses terjadinya ujud yang beraneka ragam, baik langsung atau tidak langsung, bersifat jiwa atau materi, berasal dari ujud yang menjadi sumber dari segala sesuatu yakni Tuhan, yang menjadi sebab dari segala yang ada karenanya setiap ujud ini merupakan bagian dari Tuhan.Creatio ex Nihilo, adalah menciptakan sesuatu dari tidak ada apa-apa yang mana bagi beberpa filosof ha itu tidak masuk akal. Yang mana mayoritas berpendapat sesuatu ada dari yang ada asalnya. Namun seandainya alam ini ada bahannya maka akan ada turunannya dari setaip bahan. Maka materi pertama apapun itu pasti dari Allah bersumbernya. Oleh filsafat emanasi hal ini disebut melimpah dari dirinya Allah yang mana bahnnya alam semesta Allah sendiri. Dalam pandangan Aristoteles segala sesuatu itu ada sebabnya maka pada akhirnya berujung pada Allah, inilah analogi termudah dalam memahami emanasi. Manusia ideal selain nabi adalah filosof, dimana keutamaan diri Nabi langsung anugrah dari Allah jika filosof berusaha sendiri unutk mengakses realitas. Perbedaannya terletak pada teknik memperolehnya.

3.Kenabian

    Ibnu Miskawai terkenal dengan pemikirannya tentang akhlak. Bukunya yang paling terkenal adalah Alkhuluqu Haalun Li Nafsi Daaiyatan Liha Ilaa Af ‘Aluha Min Ghairi Fikrin walaa Ruwiyatin. Yaitu, kondisi jiwa yang mendorong perilaku yang tanpa dipikirkan dan tanpa dipertimbangkan dulu. Tanpa dipikir karena sudah otomatis, dorongan jiwa yang melahirkan tindakan yang otomatis. Akhlak baik itu ada dalam jiwa, tidak dalam perilaku meskipun manifestasinya perilaku. Parameter akhlak bukan fitrah namun menampilkan perbuatan baik adalah pencitraan. Jadi akhlak yang banar adalah kondisi jiwa Haalun Li Nafsi, yang mendorong perbuatan. Khalaq itu ijmali kalu khuluq ikhtiyari. Jika khalaq sudah dikasih langsung secara mutlak oleh Allah tidak dpat diubah sedangkan khuluq bisa kita ubah denagn cara memilih.

4. Tujuan Pendidikan Akhlak

    Akhlak adalah pendidikan jiwa untuk melahirkan tindakan spontana. Jadi, tujuan pendidikan akhlak adalah melatih jiwa untuk terbiasa dalam kebaikan. Upaya dalam melakukan kebiakan itulah adalah pendidikan akhlak. Pendidikan moral yang bagus adalah pembiasaan, pembaisaan dalm kebaikan. Orang yang terbiasa dalam kebaikan akan mencapai kebahagiaan sempurna/paripurna (al sa’adah), kebahagiaan itu akan terjadi jika kebaikan kita utuh dalam aspek batin dan jiwa. Jadi, didiklah dirimu dalm rangka berbuat kebaikan paripurna(saadah) yaitu kebaikan yang sifatnya rasional (mahsusat) maupun empirik (ma’qulat). Jadi, bahagia itu terminal akhir dan jika tidak bahagia mungkin diri kita kurang berbuat kebaikan. Maka lakukanlah al khayr kebaikan, al khayr adalah al sya’I al nafi’ yaitu sesuatu yang bernilai.


Referensi:

http://digilib.uinsby.ac.id/19225/4/Bab%203.pdf. Diakses pada, Ahad 13 Desember 2020.

Pukul 14.06.

https://youtu.be/FpMC84udyNE

Ibnu Miskawaih: Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Ibnu Miskawaih

Oleh: Alya Azzahra Furqon   

    Ibnu Miskawaih adalah seorang filsuf muslim yang memusatkan perhatiannya pada etika Islam. sebenarnya ia juga sebagai seorang sejarawan, tabib, ilmuwan, dan sastrawan. Pengetahuannya tentang kebudayaan Romawi, Persia, dan India sangat luas begitu juga tentang filsafat Yunani. Istighfarotur Rahmaniyah mengutip dalam buku Filsafat Islam karya Sudarsono yang menyatakan bahwa nama lengkap Ibnu Miskawaih adalah Abu Ali al- Khozin Ahmad Ibnu Muhammad bin Ya‟kub bin Miskawaih, yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Miskawaih atau ada yang menyebutya Miskawaih saja.

    Kota Rayy (sekarang Teheran) adalah kota kelahiran Ibnu Miskawaih, kota ini termasuk wilayah Iran. Belum ada tahun yang jelas atas kelahiran beliau, para penulis menyebutkan berbeda-beda, M. M Syarif menyebutkan tahun 320 H/932 M. Morgoliouth menyebutkan tahun 330 H/941 M. Abdul Aziz Izzat menyebutkan tahun 325 H. Terkait umur beliau juga tidak ada kejelasan, hanya saja dituliskan bahwa beliau berumur cukup panjang dan meninggal dunia di Isfahan pada tahun 421 H/ 1030 M. Kota lahirnya tak menjadi tempat ia berjuang dan menimba ilmu, melainkan ia menetap di Isfahan dan menekuni bidang kimia, filsafat, logika, sastra, dan sejarah dalam waktu yang cukup lama. Demikian pula di tempat inilah beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

    Dilihat dari tahun lahir dan wafatnya, Miskawaih hidup pada masa pemerintahan Bani Abbas yang berada di bawah pengaruh Bani Buwaihi yang beraliran syi‟ah dan berasal dari keturunan Parsi Bani Buwaihi yang mulai berpengaruh sejak khifah al-Mustakfi dari ani Abbas mengangkat Ahmad bin Buwaih sebagai perdana menteri dengan gelar Mu’iz al-Daulah pada 945 M. Dan pada tahuan 945 M itu juga Ahmad bin Buwaih berhasil menaklukkan Baghdad disaat bani Abbas berada di bawah pengaruh kekuasaan Turki. 


Selanjutnya...

Bagian 2: Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih

Minggu, 29 Agustus 2021

Perbandingan Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa

Perbandingan Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa

Oleh: Ayu Puspita

    Smartphone atau telepon seluler (ponsel) telah menjadi bagian penting dari gaya hidup, budaya, dan kehidupan masyarakat. Tampaknya, orang semakin sulit untuk melepaskan diri dari smartphone, terlebih bagi generasi muda. Smartphone dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Begitu juga di kalangan mahasiswa, di mana di setiap ruang kuliah, tidak sulit menemukan mahasiswa yang terus menggunakan dengan smartphone secara terbuka maupun diam-diam. Mereka harus membagi waktu untuk menggunakan fitur-fitur beragam seperti Whatsaap, Instagram, Youtube. Oleh karena itu penggunaan smartphone memungkinkan adanya pengurangan waktu belajar di mana waktu belajar juga ikut menentukan IPK yang diperoleh mahasiswa.

    Bagi mahasiswa smartphone merupakan barang yang wajib dimiliki. Smartphone juga menjadi faktor eksternal yang menjadi faktor pengaruh bagi nilai akademik mahasiswa. Seperti saat pandemi ini, smartphone manjadi salah satu akses untuk mahasiswa mengerjakan tugas, berkomunikasi.

    Setiap mahasiswa memiliki jangka pemakaian penggunaan smartphone berbeda-beda. Kebutuhan penggunan smartphone yang beraga-ragam yang mungkin menjadi  penyebab perbedaan jangka waktu pemakaian ada yang menggunakan untuk berorganisasi, hanya sekedar chatting dengan teman.

    Setiap mahasiswa memiliki perbedaan kegunaan dalam menggunakan smartphone. Smartphone sendiri memiliki banyak aplikasi diantaranya ada Whatsapp, Skype, Line, Instagram, Facebook. Dari hasil survey 13 mahasiswa didapat bahwa penggunaan paling banyak digunakan untuk Whatsapp. Lalu ada youtube dan instagram.

    Dari hasil survey kepada 13 mahasiswa dapat diketahui bahwa media sosial  yang paling sering diguakan yaitu Whatsapp. Melalui aplikasi ini mereka dapat berkomunikasi dengan orang-orang, terkadang pula ada berberapa dosen yang memilih Whatsapp sebagai media untuk pengumpulan tugas, dan untuk mendapatkan info.

    Penggunaan smartphone yang bermanfaat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan, dikarenakan dari beberap hasil responden ada yang menggunakan smartphone 8-12 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,5-4,0. Tetapi ada pula yang menggunakan smartphone 6-8 jam mendapatkan IPK dengan rentang 3,0-3,4.

    Pengaruh penggunaan smartphone terhadap nilai akademik tergantung pada penggunaan individu masing-masing. Penggunaan smartphone yang bermanfaat dan secara tepat dapat menghasilkan nilai akademik yang memuaskan. Sebaliknya , penggunaan smartphone untuk hal yang sia-sia seperti bermain game dapat menghasilkan nilai akademik yang kurang.

Profil Penulis:

Ayu Puspita

Universitas Negeri Yogyakarta

ayupuspita417@gmail.com

Perumahan Bumi Jaya Indah Blok H RT 38 RW 11

Sabtu, 28 Agustus 2021

Acara 17 Agustus-an 2021 RW 11 Perumahan Bumi Jaya Indah

 Pertandingan Voli

Sumber: Dokumen pribadi

    Sabtu, 28 Agustus 2021, sore hari -Sedang berlangsung pertandingan voli di lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah. Pertandingan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan 17 Agustusan yang dilaksanakan oleh warga RW 11. Pertandingan voli ini berlangsung dengan dua kategori yaitu putera dan puteri. Pertandingan sudah berlangsung sejak siang hari.

    Alhamdulillah pertandingan ini berjalan dengan meriah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta dan penonton yang hadir memenuhi lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah selama pertandingan berlangsung. 

Sumber: Dokumen pribadi
    
    Dengan diadakannya pertandingan ini, warga Perumahan Bumi Jaya Indah dapat berkumpul untuk ikut berpartisipasi maupun menyaksikan dalam memeriahkan kegiatan 17an di tahun 2021 ini. Dengan partisipasi warga, baik sebagai peserta, panitia maupun sebagai penonton hal tersebut merupakan salah satu pencapaian besar guna lebih memererat tali silaturahmi, dengan bertemu dan bertatap muka langsung sembari menonton pertandingan voli tersebut.

    Untuk agenda esok hari Ahad, 29 Agustus 2021  Insyaallah pukul 08.00 akan dilaksanakan pertandingan futsal putera. 

Ayoo..! Saksikan dan meriahkanlah pertandingan futsal putera kategori anak esok hari pukul 08.00 pagi, di lapang tengah Perumahan Bumi Jaya Indah.!!

    Dokumentasi Sabtu, 28 Agustus 2021:

Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi
Sumber: Dokumen pribadi

Kamis, 26 Agustus 2021

Praktik Pembuatan Pupuk Cangkang Telur dan Penanaman Tanaman TOGA

 Ø¨ِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…ٰÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ 

Praktik Pembuatan Pupuk Cangkang Telur dan

Penanaman Tanaman TOGA


    Kegiatan terkahir yang kami lakukan sebagai kegiatan utama dalam pelaksanaan KKN di Perumahan BJI ini adalah praktik pembuatan pupuk cangkang telur dan penanaman tanaman obat keluarga atau TOGA. Sebgaimana telah disebutkan dalam postingan sebelumnya bahwa praktik pembuatan pupuk cangkang teluar atau PCT kegiatannya telah diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu sehingga saat praktik para peserta atau  remaja yang berpartisipasi telah memeiliki informasi sedikitnya tentang PCT itu sendiri.
    
    Penanaman tanmaan obat keluarga atau TOGA, pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 25 Agustus 2021 kemarin. Pelaksanaan kegiatan ini dari pukul 8.00- 10.00 WIB dihadiri oleh 2 orang remaja anggota dari karang taruna BJI RT 38.  Tanaman obat yang ditanam sebanyak 20 tanaman diantaranya jahe merah, lengkuas, temu kunci, sambiloto, dan temulawak. Tanaman TOGA (Obat Keluarga) ini sangat cocok dibudidayakan di masa pandemi covid-19 ini karena memiliki banyak manfaat diantaranya:

1) Jahe merah bermanfaat untuk anti penuaan dan kanker, meredakan nyeri haid, menurunkan glukosa darah sampai kolesterol, memperkuat sistem imun, menangkal infeksi bakteri dan virus, meredakan sakit otot, mengatasi masalah pencernaan.
2) Lengkuas, bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengobati diare, mencegah infeksi, mengurangi risiko tumor dan kanker, meredakan peradangan dan nyeri, meringankan gejala asma, meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak.
3) Temu kunci, bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya. selain itu, daun dari temu kunci juga mempunyai sifat penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang berguna untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. temu kunci juga berpotensi mencegah dan menyembuhkan covid-19.
4) Sambiloto, bermanfaat untuk Meringankan gejala flu, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, meredakan demam, menurunkan tekanan darah.
5) Temulawak, bermanfaat untuk  memperlancar proses pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagai antibakteri dan antijamu.

Dokumentasi:
1) Proses penanaman:
2) Praktik pembuatan PCT: 

Rabu, 25 Agustus 2021

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Cangkang Telur

 Ø¨ِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…ٰÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ 

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Cangkang Telur (PCT)

Sumber: Dokumen Pribadi

    Program utama dalam pelaksanaan KKN DR SISDAMAS 2021 yang dilkaukan di Perumahan Bumi Jaya Indah, selain program utama pendidikan adapula program utama yang bertemakan lingkungan. Ya, salah satu program tersebut adalah sosialisasi pembuatan pupuk cangkang telur atau (PCT). Alhamdulillah, sosisalisasi ini telah terlaksana pada Jum'at 20 Agustus 2021 kemarin via Google Meet.

    Sosialisasi pembuatan PCT atau pupuk cangkang telur ini ditargetkan untuk remaja di lingkunagn perumahan, khususnya RT 38. Adapun pelaksanaan sosialisasi via Google Meet berlangsung denagn sistem sharing materi dan tutorial pembuatan melalui tampilan video.
Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
       
        Materi Sosialisasi: Download

    Selain via Google Meet, kami pun melaksanakan sosialisasi via pamflet yang di sebar melalui beberapa Whats Apps Group. Berikut pamflet sosialisasi yang berisi materi mengenai pembuatan pupuk cangkang telur:
Sumber: Dokumen Pribadi

✨[Sharing about Natural Fertilizer and Pesticides]✨
.
.

Dalam beberapa literatur, limbah cangkang telur dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menetralkan pH tanah, menyuburkan tanaman, mengatasi hama pada tanaman. Selain eco-friendly, pemanfaatan  cangkang telur ini dapat dijadikan pengganti dolomit. 

Telur menjadi salah satu sumber sediaan bahan pangan dengan tingkat konsumsi yang tinggi, sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar kita.

Ayo kumpulkan cangkang telur dan Kurangi sampah rumah tangga dengan DAUR ULANG!✨✨
Skuy kita buktikan! 


#SAVEOUREARTH
#KURANGISAMPAHMU
#DAURULANGSAMPAHMU
#KKNBJIRT38
#KKN-DR_UINSGDBDG

Pemanfaatan Media Pembelajaraan Video dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri Purwakarta

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…ٰÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ 

Pemanfaatan Media Pembelajaraan Video dalam Pembelajaran Darinpada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri Purwakarta

Oleh: Muhammad Rofi Al-Syaddad

    Saat ini dunia sedang disibukan dengan munculnya virus corona (Covid-19) yang sangat berpengaruh kedalam berbagai aspek di bidang kehidupan terutama di bidang pendidikan. Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem Daring (dalam jaringan) atau online. Sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

    Kebijakan pemerintah ini mulai diberlakukan di beberapa provinsi di Indonesia pada hari senin, 16 Maret 2020. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi sekolah- sekolah di tiap-tiap daerah yang tidak siap dengan system pembelajaran daring, yang mana membutuhkan media pembelajaran seperti handphone, laptop, atau komputer. Beberapa siswa yang tidak memiliki handphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring ini merasa kebingungan, sehingga pihak sekolah khususnya SLB Negeri Purwakarta ikut mencari solusi untuk mengantisipasi hal demikian.

    Dengan adanya permasalahan tersebut diatas, maka diperlukan sebuah solusi atau alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran daring merupakan alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa  akan  tetapdilakukan  melalui  online  yang  menggunakan  jaringan  internet. Guru  harus  memastikan  kegiata  belajar  siswa  berjalan  dengan  lancar,  meskipun siswa berada di rumah. Solusinya guru dituntut dapat mendesain pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media pembelajaran daring (online).

    Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga berdampak pula pada kemajuan media pembelajaran yang digunakan sekarang ini meskipun  dengan penanaman yang berbeda-beda (Yaumi, 2018). Teknologi dan informasi tersebut menjadi solusi untuk pembelajaran yang dilakukan sekarang ini. Media pembelajaran telah maju dan berkembang seiring dengan lahirnya revolusi komunikasi yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran selain media yang sudah ada sebelumnya seperti guru, buku teks dan papan tulis (Yaumi, 2018), tetapi teknologi pemebelajaran disini dapat berupa media yang bisa membantu untuk mempermudah manusia dalam hal pekerjaan terutama dalam bidang pendidikan apalagi ketika dimasa pandemi yang sekarang sedang kita rasakan.

    Banyak sekali teknologi media pembelajaran yang berbentuk platform yang digunakan disetiap instansi pendidikan, pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan. Seperti Google Classroom, E-learning, YouTube, WAG, Edmodo, Zoom, Google Meet dan platform lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dari rumah. Media pembelajaran disebut juga sebagai alat atau sumber belajar yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa (Yunanta, 2019). Setiap platform yang digunakan tentu memiliki kekurangan serta kelebihan yang dimiliki pada saat digunakan untuk proses pembelajaran.

    Beberapa guru di SLB Negeri Purwakrta, jika pembelajaran daring ini tidak seefektif kegiatan belajar secara konvensional (tatap muka langsung), dikarenakan ada beberapa materi yang harus dijelaskan secara langsung dan lebih lengkap. Selain itu, materi yang diampaikan secara daring belum tentu bisa dipahami oleh semua siswa. Berdasarkan pengalaman mengajar beberapa guru secara daring, sistem ini hanya efektif untuk memberikan sebuah penugasan dan kemungkinan hasil dari pengerjaan tugas-tugasnya  itdiberikan  ketika  siswa  akan  masuk.  Sehingga  kemungkinan tugas-tugas akan semakin menumpuk.
Gambar 1. Materi Video Pembelajaran Tutorial
Sumber : Dokumen Pribadi
    Salah  satu  media  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  daring  adalah  media tutorial pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media tutorial bertujuan untuk memberikan pemahaman secara tuntas kepada siswa mengenai materi dalam media tutorial pembelajaran (Dwiyogo, W. D. 2008)

    Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang berupa alat bantu belajar yang  dapat berupa  suara,  gambar,  rekaman,  film  /video,  garis,  symbol  yang mungkin ditransformasikan dalam bentuk objek yang berupa rangkuman kejadian yang kemudian ditampilkan kembali sebagai gambaran. Media pembelajaran pun akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran sebab dengan adanya media siswa dapat berinteraksi secara audio dengan rekaman, visual dengan gambar diam atau gambar bergerak dan secara audio visual dengan video atau film.

    Media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring merupakan suatu alternatif dalam proses kegiatan belajar dalam masa pandemic covid-19 di SLB Negeri Purwakarta. Guru dan siswa dapat memanfaatkan beberapa jenis video yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di rumah. Terlebih lagi, video memberikan segudang inspirasi kepada peserta didik maupun pendidik untuk selalu berinovasi dalam dunia kependidikan . Namun dibalik itu semua, media pembembelajaran video ini rawan akan pembullyan online khususnya Youtube yang mengakibatkan sesorang dapat sampai merasakan depresi. Gunakanlah media pembelajaran berbasis video dengan bijak dan sebaik mungkin.
Penulis: Muhammad Rofi Al-Syaddad
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
Alamat: Perumahan Bumi Jaya indah Blok G RT 38 RW 11 (Dawis 4)