Senin, 26 Agustus 2013

Profil RA Al-Hidayah



Sejarah berdirinya RA Al-Hidayah
Raudhatul Athfal A Al-Hidayah berdiri pada tahun 2001,di sebuah perumahan  baru yaitu  perumahan Bumi Jaya Indah di  munjuljaya Purwakarta yang diprakasai oleh pengurus DKM mesjid Al-Hidayah .
Pendirian Raudhatul  Athfal Al-Hidayah dilatar belakangi karena perlunya lembaga pendidikan  usia dini bagi lingkungan perumahan baru,yang notabene penduduknya adalah pasangan muda dan mempunyai putra-putri  usia dini.
Maka pada awal ajaran tahun 2001/2002 dengan menggunakan serambi mesjid     Al-Hidayah dimulailah pendirian sebuah lembaga pendidikan dibawah naungan DKM mesjid Al-Hidayah. Pada Awalnya Raudhatul Athfal Al-Hidayah ini merupakan Taman Kanan-kanak  Al-Qur’an (TKA )yang menginduk ke BKPRMI (Badan Koordinasi Remaja Mesjid Indonesia) di Bandung.Namun dalam perjalanannya TKA Al-Hidayah merubah  haluannya dengan mendaftarkan diri  ke Kandepag Purwakarta untuk  menjadi lembaga pendidikan formal  anak usia dini  dibawah naungan Departemen Agama yaitu RA (Raudhatul Athfal).Pengajuan permohonan tersebut mendapat respon positif dari Kandepag kabupaten Purwakarta sehingga pada tahun 2003 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan dari Kandepag Purwakarta  dengan No : Mi – 08 / PP,03.I/989/2003 maka  TKA Al-Hidayah menjadi Raudhatul Athfal Al-Hidayah (RA Al-Hidayah) .

RA Al-Hidayah  merupakan lembaga pendidikan  formal tingkat usia dini , yang memiliki karakteristik pendidikan unggul sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan tujuan memberikan pendidikan kepada anak tentang ajaran agama islam dan pengetahuan umum sebagai dasar pembentukan aqidah bagi seorang anak, sehingga terbentuk pribadi muslim seutuhnya dalam mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan fisik,intelektual dan perilaku secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif  demokratis dan kompetitif
Tujuan
Membantu Pemerintah dalam upaya meningktakan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah.
Menyediakan sarana belajar yang refresentatif bagi murid-murid yang berada di lingkungan perumahan Bumi Jaya Indah.
Untuk mengantisipasi gerak maju arus globalisasi yang dapat membawa dampak negatif terhadap generasi muda, sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.
mewujudkan generasi Qur’ani yang berakhlak mulia.
Visi dan Misi
Visi         : Terwujudnya generasi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaqul karimah   cerdas dan mandiri.
Misi        :  
  1. Mewujudkan pembelajaranan efektif yang dapat menciptakan keseimbangan antara kemampuan inteleqtual (IQ) kematangan Emosional (EQ) dan Peningkatan iman dan Taqwa (SQ) 
  2. Menerapkan PAIKEM (Pembelajaran yang aktif, Inofatif, Efektif dan Menyenangkan) 
  3. Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif  islami dan aman 
  4. Meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi anak didik akan kemandirian, serta melaksanakan norma-norma agama menjadi pembiasaan sehari-hari
Staf  dan Tenaga Pengajar
Staf pengajar di RA Al-Hidayah berfungsi sebagai mediator dalam proses transfer of knowledge ( proses pengajaran) sehingga menjadi sosok terdekat bagi anak didik. Dan diharapkan dengan pendekatan yang baik,perhatian yang besar,serta keikhlasan dan keteladanan  dalam mendidik sebagaimana seorang ibu kepada anaknya, Insya Allah tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik.
Susunan Staf  dan Tenaga Pengajar
Kepala sekolah                             : Sufyan,S.Ag
Wakil Kepala sekolah                   : Ii Arifah,S.Ag
Administrasi dan Keuangan         : Wulan merdekawati
Akademik dan Kesiswaan            : Sumiati,A.Ma
Tenaga Pengajar  :
  • Ii Arifah,S.Ag 
  • Sumiati, A.Ma 
  • Sugiarti 
  • Wulan Merdekawati,A.Ma 
  • Siti Farihah Ambari 
  • Rita Rosalia
Peserta didik
Peserta didik dikelompokan menjadi dua kelompok, berdasarkan usia, yaitu:
Kelompok A : Usia 4 – 5 tahun
Kelompok B : usia 5 – 6 tahun.
Peserta didik melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi berdasarkan usia bukan berdasarkan kemampuan akademik.

Program Kegiatan Belajar
1. Lingkup Pengembangan pembentukan Akhlaq Perilaku (Akhlak Karimah)
Sosial Emosional dan kemandirian
Dari aspek perkembangan moral dan nilai-nilai-nilai agama diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik
Dari aspek perkembangan sosial emosional dan kemandirian dimaksudkan untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup
2. Bidang  Pengembangan Kemampuan Dasar, meliputi:
a. Kemampuan Berbahasa
Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat beebahasa Indonesia
b. Kemampuan Kognitif
Pengembangan ini bertujuan mengembangkan kemampuan berfikir anak untuk dapat Mengolah perolehan belajar, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilah-milah, mengelompokkan serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berpikir teliti.
c. Kemampuan Fisik/ Motorik.
Pengembangan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan tubuh cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil
Kemampuan Seni
Pengembangan ini bertujuan agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya, mengembangkan kepekaan dan dapat menghargai hasil karya seni yang kreatif.
3. Muatan Lokal
Muatan  lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan
Adapun muatan lokal yang akan dilaksanakan atau di selenggarakan di RA Al-Hidayah Bumi Jaya Indah adalah sebagai berikut :
a. BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an)
BTQ ini Merupakan Mulok wajib di RA Al-Hidayah , karena salah satu tujuan pendidikan di RA Al-Hidayah adalah terbentuknya Generasi yang bertaqwa yang berakhlaqul karimah, sedangkan panduan orang yang bertaqwa adalah Al-Qur’an sehingga wajib bagi seluruh siswa RA Al-Hidayah untuk mempelajari Al-Qur’an lewat BTQ.
b. Mata pelajaran Bahasa Arab
RA Al-Hidayah juga mengajarkan Bahasa Arab sebagai muatan lokal, karena RA Al-Hidayah merupakan sekolah yang benafaskan islam sehingga sedikit demi sedikit dikenalkan bahasa Arab yang  juga bahasa Al-Qur’an sebagai pedoman hidup seorang muslim.
c. Mata pelajaran Bahasa Sunda
Bahasa Sunda adalah bahasa daerah dan bahasa ibu masyarakat di wilayah RA Al-Hidayah yang berada di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Karena perkembangan tehnologi dan peradaban di masyarakat lambat laun keberadaan bahasa ini semakin dilupakan oleh masyarakat. Sebagai upaya agar kekayaan budaya dan adat istiadat ini tidak pudar dan tetap dipelihara oleh masyarakat, maka RA Al-Hidayah  berupaya untuk menjaga dan memelihara agar tetap eksis dan menumbuhkan jiwa cinta budaya
Implementasi penggunaan bahasa sunda dilaksanakan pada setiap hari Rabu, dengan cara semua kelas dalam menyampaikan materi/ kegiatan  menggunakan bahasa Sunda  sebagai bahasa pengantar.
d. Mata pelajaran Bahasa Inggris
Sebagai upaya untuk mengenalkan keanekaragaman bahasa kepada anak diluar bahasa ibu, RA Al-Hidayah  memberikan kegiatan tambahan berupa bahasa Inggris
Ragam dan bentuk penyampaianya melekat pada semua bidang pengembangan yang ada di taman kanak-kanak
Tujuan pemberian kegiatan bahasa Inggris ini adalah untuk mengenalkan aneka ragam bahasa sedini mungkin dan anak dapat menguasai kosa kata (vocabullary), yang dapat dijadikan bekal untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya
4. Kegiatan Pengembangan Diri
Pegembangan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan  pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk ekstrakurikuler.
a. Pembentukan karakter melalui Pembiasaan dalam kegiatan :
1. Rutin
  • Upacara Bendera setiap hari Senin dan hari-hari besar Nasional 
  • Pelaksanaan Ikrar/Berbaris sebelum masuk kelas 
  • Pemeriksaan kebersihan badan dan pakaian 
  • Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan 
  • Merapikan dan menyimpan APE setelah digunakan. 
  • Membuka dan memakai kaos kaki /sepatu sendiri 
  • Memberi salam 
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. 
  • Makan bersama dilakukan sendiri 
  • Menggosok gigi setiap hari Rabu 
  • Melaksanakan Jumsih dan operasi semut. 
  • Menyiram dan merawat tanaman. 
  • Praktik sholat sholat duha. 
  • Memberikan infaq setiap  Jumat. 
  • Berbuat santun kepada yang lebih tua
2. Spontan
  • Memberi dan menjawab salam 
  • Membuang sampah pada tempatnya 
  • Membiasakan antri/menunggu giliran 
  • Menolong teman yang terkena musibah 
  • Berbagi dengan teman 
  • Mengucapkan terima kasih 
  • Mengucapkan kalimah thoyibah
3. Terprogram
  • Peragaan manasik Haji 
  • Lomba kreativitas anak 
  • Karyawisata/ rekreasi 
  • Bakti Sosial 
  • Family Day 
  • Pawai Delman 
  • Syukuran akhir tahun / Haflah Imtihan 
  • Panggung Gembira. 
  • Peringatan Hari besar Agama 

    • Pesantren Ramadhan 
    • PeringatanTahun Baru Hijriya
    •  Halal Bilhalal / Perayaan Idul Fitri
  • Peringatan Hari Besar Nasional 
    • Hari Anak nasional 
    • Hari Kartini 
    • Hari ibu 
    • HAB Depag 
    • HUT RI
b. Keteladanan
  1. Berakhlakul karimah 
  2. Berpakaian yang rapih dan bersih 
  3. Disiplin waktu dalam segala hal 
  4. Bertindak dan bertutur kata yang baik dan sopan 
  5. Menjaga kebersihan lingkungan
5.  Pengembangan Potensi dan Ekspresi diri :
a. Sesuai dengan bakat dan minat 
  • Kepemimpinan dan Bela Negara
    •  Out Bound
    •  UKS/Dokcil
  •  Bidang seni 

    • Menari 
    • Mewarnai
b.         Sesuai dengan minat 
  • Bahasa Inggris 
  • Sempoa
6. Penunjang Kurikulum (Nilai-nilai kecakapan dan perluasan wawasan)
a. Kegiatan Puncak Tema 
  1. Kunjungan ke Kantor Pos 
  2. Kunjungan ke Stasiun 
  3. Kunjungan ke Pemadan Kebakaran 
  4. Kunjungan ke Polres
  5.  Kunjungan ke Supermarket 
  6. Kunjungan ke Perpustakaan Daerah 
  7. Percobaan sains 
  8. Masak 
  9. Berenang
Tata  Tertib RA AL-HIDAYAH
  • Siswa/i hadir tepat pada waktunya  yaitu  jam 7.30 dari hari senin s/d Jum’at 
  • Siswa/i  mengenakan seragam sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan 

    • Senin-selasa    : Baju batik RA 
    • Rabu-Kamis     : Baju khas Ra (kuning) 
    • Jum’at             : Kaos Olah Raga 
  • Apabila tidak masuk sakit atau izin harus ada pemberitahuan 
  • Orang tua/ wali / pengasuh tidak diperkenankan menunggu siswa/i pada saat kegiatan Belajar (KBM) berlangsung, kecuali pada kondisi tertentu. 
  • Siswa /i wajib mengikuti kegiatan penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diselenggarakan. 
  • Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah sehingga tidak jajan disekolah. 
  • Semua warga sekolah (siswa/i/orangtua/wali murid/pengasuh) ikut serta menjaga ketertiban,keindahan dan kebersihan sekolah. 
  • Pulang sekolah setiap hari jam 10.30

Minggu, 25 Agustus 2013

Pengurus RW 11 Periode 2013 - 2016

Pada Tanggal 1 Juli 2013 dengan No. SK 411/SK/44/2013 Lurah Munjul Jaya Bapak Anday Sukandar, S.Sos telah mengangkat Pengurus RW:11 Perum Bumi Jaya Indah Kelurahan Munjul Jaya, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta dengan susunan Pengurus sebagai berikut:
  • Ketua RW 011 :
    • Purwanto - RT:46
  • Sekretaris :
    • Susmoro, BSC - RT:43
  • Bendahara :
    • Efitril Ronuz - RT:39
  • Seksi Olah Raga & Kesenian :
    • Kadrawi - RT:13
  • Seksi Pembangunan :
    • Dwi Harso Mulyoto - RT:38
  • Seksi Kerohanian :
    • Asep Faturohman - RT:43
  • Seksi Humas :
    • Dodi Junaedi - RT:13
    • Andri Setiawan - RT:38
  • Seksi Usaha :
    • Abdul Atik - RT:41
    • Ahmad Mudakir - RT:46
  • Seksi Keamanan :
    • Dilianto Setiawan - RT:39

Sabtu, 24 Agustus 2013

Wajah baru BJI-NET

Assalamu'alaikum
Apa kabar saudara - saudaraku Keluarga besar BJI-NET?
Lama Blog BJINET tidak mengudara. hal ini dikarenakan kami 'disibukkan' dengan hal teknis seputar ke-BJINET-an dimana salah satu pengurus yang justru selama ini menjadi "otak" BJINET pamit meninggalkan kita semua.
Kami sempat kalang kabut juga, tapi apa mau dikata, Pak Taufik telah memilih jalan hidupnya untuk berhijrah ke sebrang Pulau meneruskan khidmatnya di tanah Tuanku Imam Bonjol, Padang - Sumatra Barat.
Tapi Alhamdulillah sekarang sudah ada yang meneruskan tugas beliau men-dokter-i server BJINET kita tercinta, sehingga minimal jaringan Internet kita ini tetap bisa online seperti sedia kala bahkan mudah - mudahan kedepan BJINET Al-Hidayah bisa lebih baik lagi.

Dan berikut susunan pengurus BJINET yang baru :
  • Mubasyir Atiq
    • Blok R No.3 - 085659082363
  • Suheri
    • Blok M No.29 - 085659112985
  • Ichwan Asnandar
    • Blok O No.15 - 081385055844
  • Sugiyono
    • Blok P No.17 - 081380563556
Wassalamu'alaikum